Pendampingan pemanfaatan teknologi dalam desain pembelajaran daring pada MGMP PAI SMK Kabupaten Blitar di masa pandemi covid-19

Asrori, Mohammad and Wibowo, Agus Mukti and Erfantinni, Imroatul Hayyu and Wahyuningtyas, Dessy Putri (2020) Pendampingan pemanfaatan teknologi dalam desain pembelajaran daring pada MGMP PAI SMK Kabupaten Blitar di masa pandemi covid-19. Research Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
7581.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di era Pandemi Covid 19 ini menuntut perubahan pola hidup yang begitu massif disemua lapisan masyarakat pada setiap lingkungannya masing-masing. Termasuk dalam proses belajar mengajar harus dilakukan secara daring (dalam jaringan) melalui media pembelajaran online. Salah satu pihak yang terdampak adalah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMK Kabupaten Blitar. Sebagai kelompok guru PAI dilingkungan SMK merumuskan program untuk menyusun model pembelajaran daring melalui berbagai aplikasi media online dalam rangka memudahkan para guru PAI berinteraksi jarak jauh dengan siswa pada kegiatan pembelajaran. Perlu disadari bahwa ketidaksiapan guru dan siswa terhadap pembelajaran daring juga menjadi masalah. Perpindahan sistem belajar konvensional ke sistem daring amat mendadak, tanpa persiapan yang matang. Tetapi semua ini harus tetap dilaksanakan agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan siswa aktif mengikuti walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19. Karena Kondisi yang darurat tersebut maka dilaksanakanlah suatu upaya untuk membantu para guru dengan dilakukannya pendampingan pemanfaatan teknologi dalam desain pembelajaran daring pada MGMP PAI SMK Kabupaten Blitar dimasa pandemic covid-19. Kegiatan penelitian ini menggunakan metode PAR (Partisipation Action Research) dengan melibatkan subjek dampingan untuk secara bersama – sama menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini para guru sangat terbantu dalam melaksanakan pembelajaran daring berkat dikuasainya ketrampilan penggunaan aplikasi – aplikasi yang menunjang pembelajaran daring. Kegiatan dapat terlaksana dengan baik berkat dimilikinya dukungan sistem yang memadai, namun yang menjadi satu kendala adalah ketidak stabilan jaringan internet, karena kegiatan berbentuk online dan juga offline.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: teknologi; pembelajaran daring
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Research and Community Service (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat)
Depositing User: Dessy Putri Wahyuningtyas
Date Deposited: 01 Dec 2020 09:21

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item