Peran brand love sebagai mediasi hedonic product dan self-expressive brand terhadap brand loyalty

Vania, Amelindha ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5742-4304 and Putri, Kartika Anggraeni Sudiono ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5533-1769 (2020) Peran brand love sebagai mediasi hedonic product dan self-expressive brand terhadap brand loyalty. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 7 (2). pp. 134-144. ISSN 1829-7528

[img] Text
7610.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (810kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hedonic product dan self-expressive brand terhadap brand love dan brand loyalty pada pelanggan Starbucks Coffee di Kota Malang. Penelitian ini juga menganalisis peran brand love sebagai mediator yang menjadi perantara hedonic product dan self-expressive brand dalam mempengaruhi brand loyalty. Objek penelitian menggunakan brand Starbucks Coffee dikarenakan kopi Starbucks dikategorikan sebagai barang hedon dan Starbucks membangun keterikatan khusus dengan pelanggannya. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 125 orang pelanggan gerai Starbucks Coffee Mall Dinoyo Malang dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling. Metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan program IBM SPSS dan IBM AMOS versi 24.0 adalah metode untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Diperoleh hasil penelitian bahwa baik hedonic product maupun self-expressive brand, keduanya mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap brand love. Namun hedonic product dan self-expressive brand tidak menunjukan pengaruh langsung terhadap brand loyalty. Hedonic product dan self-expressive brand berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty dengan bantuan brand love sebagai mediator. Penelitian juga membuktikan brand love mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap brand loyalty.

Item Type: Journal Article
Keywords: brand love; brand loyalty; hedonic product; self-expressive brand
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Amelindha Vania
Date Deposited: 01 Dec 2020 13:47

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item