Putra, J. Nabiel Aha, Susilawati, Samsul and Elhaq, Akbar A'thoni (2021) Inovasi pendidikan: konsep dasar, tujuan, prinsip-prinsip dan implikasinya terhadap PAI. TAMADDUN: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 22 (1). pp. 23-29. ISSN 2722-2632
|
Text
7764.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (350kB) | Preview |
Abstract
Inovasi pendidikan di Indonesia, masih terfokus pada kurikulum yang berubah-ubah hal ini dipengaruhi oleh keadaan politik dan ekonomi. Sehingga, kerancuan penataan pendidikan akan selalu ada dan selalu terpicu. Kondisi pendidikan yang seperti itu, dapat memicu inovasi yang cukup banyak dan berkembang. Inovasi itu bahkan membuat pendidik akan sulit untuk, melaksanakanya kepada peserta didik. Maka, diperlukan sebuah ketegasan dan pembatasan dalam inovasi pendidikan. Sehingga, mampu memberikan dampak yang cukup baik bagi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa konsep, tujuan, prinsip dan implikasinya bagi pendidikan agama islam. Hasil analisa menunjukkan bahwa, inovasi pendidikan harus mempunyai konsep dasar yang kuat. Sehingga tujuan dan prinsipnya akan berkesinambungan dan akan menghasilkan dampak yang baik, dengan menggunakan metode pembiasaan dari pada model konstektual hasil inovasi pendidikan itu. Tentunya akan mewujudkan peserta didik yang dapat mencapaitujuan dari pendidikan di Indonesia, yaitu menjaga amar makruf nahi mungkar dan al-Akhlaq al-Karimah. Implikasi ini, menjadikan pencapaian yang utama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | inovasi; pendidikan; implikasi terhadap PAI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education |
Depositing User: | Samsul Susilawati |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 09:09 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |