Pembentukan sikap sosial siswa melalui pembelajaran IPS di SMP Brawijaya Smart School Malang

Miftahusyai’an, Mohammad ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7727-3400, Fitriana, Wiwin Nuris and Mulyoto, Galih Puji ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0649-1587 (2020) Pembentukan sikap sosial siswa melalui pembelajaran IPS di SMP Brawijaya Smart School Malang. JPIPS : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 7 (1). pp. 54-69. ISSN P-ISSN: 2355 - 8245 E-ISSN: 2614 - 5480

[img]
Preview
Text
7885.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (466kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses pembentukan sikap sosial siswa melalui metode-metode pembelajaran IPS kelas VII SMP Brawijaya Smart School Malang, (2) mendeskripsikan bentuk-bentuk sikap sosial siswa yang dibentuk melalui metodemetode pembelajaran IPS kelas VII SMP Brawijaya Smart School Malang, (3) mendeskripsikan perubahan sikap sosial siswa setelah terjadi proses pembentukan sikap sosial melalui metodemetode pembelajaran IPS kelas VII SMP Brawijaya Smart School Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang dipakai yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis berperan menjadi pengamat dalam observasi. Dalam penelitian ini peneliti melakukan analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses pembentukan sikap sosial siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School Malang melalui metode-metode pembelajaran IPS dilakukan oleh guru dengan melibatkan dua faktor yakni faktor intern (siswa) dan faktor ekstern (lingkungan sekolah, rumah, dan masyarakat), (2) bentuk-bentuk sikap sosial siswa dapat terlihat dengan adanya kegiatan di kelas dan di luar kelas (kegiatan ekstrakulikuler) serta budaya dan peraturan sekolah, dan budaya sekolah (3) secara keseluruhan dari beberapa sikap sosial siswa yang mengalami perubahan yang paling terlihat yakni perubahannya pada sikap santun dan sikap disiplin

Item Type: Journal Article
Keywords: sikap sosial; metode pembelajaran IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Galih Puji Mulyoto
Date Deposited: 24 Feb 2021 10:11

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item