Strategi Tarbiyah melahirkan pendidik ulul albab

Mulyono, Mulyono and Sahlan, Asmaun (2021) Strategi Tarbiyah melahirkan pendidik ulul albab. Republik Karya, Malang. Editors : UNSPECIFIED

[img] Text
8077.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fakultas/Jurusan Tarbiyah yang dalam pembahasan ini merupakan bagian penting dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Indonesia dapat kita ibaratkan sebagai “KAWAHCONDRODIMUKA” yaitu wahana pengemblengan untuk melahirkan sarjana pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas tinggi. Dalam konsep strategi pengembangan Fakultas Tarbiyah untuk melahirkan sarjana yang berkualitas tersebut dimaksud adalah “Pendidik yang berkarakter Ulul Albab”, atau dengan istilah yang mudah adalah “Pendidik Ulul Albab”. Pendidik Ulul Albab adalah pendidik yang memiliki sepuluh kompetensi utama, yaitu: (1) kompetensi agama, (2) kompetensi moral, (3) kompetensi intelektual dan akademik, (4) kompetensi profesional, (5) kompetensi personal, (6) kompetensi keluarga, (7) kompetensi sosial, (8) kompetensi lingkungan, (9) kompetensi keahlian TIK, dan (10) kompetensi masa depan. Pendidik yang mempunyai sepuluh kompetensi tersebut diharapkan terus mengembangkan diri sehingga mampu menjadi figur pemimpin yang berpredikat sebagai Ulama yang Intelek Profesional dan atau Intelek Profesional yang Ulama’ dengan memiliki empat kompetensi, yaitu: (1) kekokohan aqidah dan kedalaman spiritual, (2) keagungan akhlak, (3) keluasan ilmu/kekokohan intelektual dan (4) kematangan profesional.

Item Type: Book
Keywords: pendidik; ulul albab; tarbiyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Dr. H. Mulyono, MA.
Date Deposited: 06 Apr 2021 15:25

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item