Pemahaman al-Zarnuji terhadap hadis Nabi dalam kitab Ta’lim Muta’allim dan respon mahasiswa PAI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang atasnya

Afwadzi, Benny, Fattah, Abdul, Makkiyah, Fia Khuzainatul and Alfatih, Ahmad Arsyad (2016) Pemahaman al-Zarnuji terhadap hadis Nabi dalam kitab Ta’lim Muta’allim dan respon mahasiswa PAI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang atasnya. Research Report. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Malang.

[img]
Preview
Text
Pemahaman Hadis al-Zarnuji terhadap Hadis Nabi dalam Kitab Ta'lim Muta'allim.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berusaha menyingkap pemahaman hadis yang diusung oleh Burhan al-Islam al-Zarnuji dalam kitab yang menjadi rujukan dalam dunia pendidikan Islam, yakni Ta’lim al-Muta’allim. Kitab ini merupakan kitab yang terkenal dan paling banyak dikaji dalam diskursus ilmu akhlak di pesantren mengalahkan kitab-kitab mengenai akhlak yang lain. Kemudian, pemahaman hadis al-Zarnuji tersebut dikonfirmasikan dengan pemahaman yang dimiliki oleh mahasiswa PAI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, sebagai jurusan tertua di kampus yang mengombinasikan kultur pesantren dan perguruan tinggi. Pemahaman hadis sendiri merupakan salah satu aspek sentral dalam kajian hadis, sebab ia akan menentukan “format” hadis yang teraplikasikan dalam masyarakat.

Berdasarkan hal di atas, maka penelitian ini memfokuskan pada dua wilayah kajian, yakni pertama, konstruksi pemahaman hadis Burhan al-Islam al-Zarnuji dalam Ta’lim Muta’allim dan kedua, respon mahasiswa PAI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terhadap pemahaman hadis al-Zarnuji tersebut. Dalam konteks ini, hanya dipilih dua hadis saja agar lebih terfokuskan, yaitu pertama, hadis mengenai kewajiban mencari ilmu طلب العلم فريضة على كل مسلم ومسلمة (Mencari ilmu merupakan sebuah kewajiban bagi setiap orang Islam laki-laki dan orang Islam perempuan); dan kedua, hadis tentang niat dalam belajar إنما الأعمال بالنيات (Sesungguhnya perbuatan harus disertai dengan niat).

Item Type: Research (Research Report)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Benny Afwadzi
Date Deposited: 19 Oct 2016 06:02

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item