Cholifah, Nur (2020) Implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam mata kuliah Geografi Regional pada jurusan PIPS. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5 (4). pp. 710-720. ISSN 2541-4224
|
Text
8170.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (415kB) | Preview |
Abstract
Penguatan karakter menjadi salah satu tujuan utama dalam sistem pendidikan nasional. Penguatan karakter melalui pengembangan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran dengan tujuan yaitu agar peserta didik mampu melihat kemajemukan dengan pemikiran terbuka, menerima dan menghargai perbedaan. Penanaman karakter diharapkan mampu mencetak generasi yang berpengetahuan dan memiliki karakter yang kuat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Implementasi nilai multikultural pada pembelajaran matakuliah geografi regional meliputi tiga nilai karakter: demokratis, toleransi, dan kerjasama. Ketiga nilai tersebut mampu diterapkan oleh peserta didik dalam pembelajaran yang tercermin pada sikap saling menghargai perbedaan budaya, memberikan kesempatan berpendapat, bermusyawarah, dan penyatuan ide bersama.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | pendidikan karakter; pendidikan multikultural; geografi regional |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education |
Depositing User: | Nur Cholifah |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 14:06 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |