Implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam mata kuliah Geografi Regional pada jurusan PIPS

Cholifah, Nur (2020) Implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam mata kuliah Geografi Regional pada jurusan PIPS. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5 (4). pp. 710-720. ISSN 2541-4224

[img]
Preview
Text
8170.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (415kB) | Preview

Abstract

Penguatan karakter menjadi salah satu tujuan utama dalam sistem pendidikan nasional. Penguatan karakter melalui pengembangan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran dengan tujuan yaitu agar peserta didik mampu melihat kemajemukan dengan pemikiran terbuka, menerima dan menghargai perbedaan. Penanaman karakter diharapkan mampu mencetak generasi yang berpengetahuan dan memiliki karakter yang kuat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Implementasi nilai multikultural pada pembelajaran matakuliah geografi regional meliputi tiga nilai karakter: demokratis, toleransi, dan kerjasama. Ketiga nilai tersebut mampu diterapkan oleh peserta didik dalam pembelajaran yang tercermin pada sikap saling menghargai perbedaan budaya, memberikan kesempatan berpendapat, bermusyawarah, dan penyatuan ide bersama.

Item Type: Journal Article
Keywords: pendidikan karakter; pendidikan multikultural; geografi regional
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Nur Cholifah
Date Deposited: 23 Apr 2021 14:06

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item