Efektivitas pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah Hikmat al-Tasyri’

Arumawan, Muhammad Muhsin and Yasri, Hayyun Lathifaty (2020) Efektivitas pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah Hikmat al-Tasyri’. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8 (2). pp. 149-160.

[img]
Preview
Text
8226.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berbasis riset merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat menstimulus kemampuan berfikir kritis serta meningkatkan hasil belajar. selaras dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis riset dalam perkuliahan Hikmatu al Tasyri'. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif dengan masa 6 bulan. Teknik pengambilan data yang digunakan ialah observasi, penyebaran angket dan pemanfaatan dokumentasi pendukung. Data yang terkumpul selanjutnya diolah melalui reduksi data, dislay data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah HIkmatu al Tasyri' terbukti baik. Hal ini terbukti dengan hasil penyebaran angket mengenai penilaian mahasiswa terhadap efektivitas pembelajaran berbasis riset dengan 5 indikator tersebut yang memperoleh hasil rata-rata pada kategori Baik.

Item Type: Journal Article
Keywords: efektivitas pembelajaran, pembelajaran berbasis riset, HIkmatu al Tasyri'
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Hayyun lathifaty Yasri
Date Deposited: 05 May 2021 10:39

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item