Optimalisasi pembelajaran sains di sekolah-sekolah Islam melalui modul terintegrasi studi di MTs Attaraqqie Malang dan SMP Muhammadiyah 8 Batu

Rosi, Rois Imron and Afandi, Mahrus (2021) Optimalisasi pembelajaran sains di sekolah-sekolah Islam melalui modul terintegrasi studi di MTs Attaraqqie Malang dan SMP Muhammadiyah 8 Batu. In: Agama, Sains, dan Pendidikan. Amongkarta, pp. 110-150. ISBN 978-623-303-681-8 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
8246.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya literasi sains di Indonesia menjadi ―Pekerjaan Rumah- bagi para praktisi sains di negeri ini. Upaya untuk meningkatkan literasi sains telah dilakukan di berbagai bidang, utamanya bidang pendidikan. Para pejabat sebagai pengambil keputusan hingga guru sebagai praktisi lapangan terus menerus berupaya menjadikan pembelajaran sains lebih menarik, nyaman dan membisakan. Salah satu upaya untuk meningkatkan pembelajaran sains dilakukan pula oleh tim peneliti ICRS dengan mengembangkan modul terintegrasi. Modul yang dikembangan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop & Disseminate) ini merupakan salah satu upaya peningkatan literasi sains di sekolah Islam. Karena sekolah Islam dijadikan sebagai tempat penelitian, maka penelitian ini memilih untuk mengembangan modul pembelajaran sains berbasis konsep keagamaan. Dengan asumsi bahwa konsep agama tidak terpisah dengan konsep sains, serta mempelajari sains juga merupakan sebuah kewajiban layaknya mempelajari agama. Untuk mengetahui seberapa optimal implementasi modul tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptifinterpretatif yang berusaha mengeksplorasi hasil implementasi modul terintegrasi di sekolah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa modul terintegrasi mampu menciptakan interaksi positif di dalam kelas, mampu menghadirkan metode pembelajaran yang aktif dan efektif, meningkatkan kemampuan siswa dalam berfikir saintifik, mampu merangsang pengetahuan siswa dan mengaitkannya dengan konsep keagamaan serta meningkatkan hasil belajar baik kognitif maupun keterampilan.

Item Type: Book Section
Keywords: Pembelajaran Sains, Modul Terintegrasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Rois Imron Rosi
Date Deposited: 05 May 2021 11:49

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item