Afandi, Mahrus and Rosi, Rois Imron (2021) Constructed emotion siswa dan guru mengenai integrasi Islam dan Sains pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Islam di Malang. In: Agama, Sains, dan Pendidikan. Amongkarta, Yogyakarta, pp. 222-269. ISBN 978-623-303-681-8 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
Text
8247.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (678kB) | Request a copy |
Abstract
Integrasi Islam dan Sains telah menjadi topik yang dibahas oleh banyak Cendekiawan Muslim, dalam lingkup nasional maupun internasional. Sebagian besar Muslim Indonesia telah mencetuskan beberapa model integrasi yang dikembangkan di institusi mereka, tetapi semua institusi tersebut adalah institusi pendidikan tinggi. Penelitian ini merupakan respon dari implementasi Integrasi Islam dan Sains dalam Mata
Pelajaran Sains (IPA) di tingkat sekolah menengah pertama. Persepsi siswa dan guru tentang implementasi modul IPA yang diintegrasikan dengan konsep keislaman adalah pembahasan utama dari penelitian ini. Peneliti ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan cara mengadakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi untuk keperluan pengumpulan data. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa sebagian besar siswa tertarik pada model pembelajaran IPA yang diintegrasikan dengan Islam, karena dalam penelitian ini terbukti bahwa emosi mereka tersentuh oleh pendekatan nilai-nilai Islam dan Al- Qur'an.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Keywords: | Modul Pembelajaran, Integrasi Islam dan Sains, Emosi, Motivasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education |
Divisions: | Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Teacher Education for Islamic Primary Schools |
Depositing User: | Rois Imron Rosi |
Date Deposited: | 05 May 2021 11:34 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |