Sa`diyah, Halimatus (2021) Power point bersuara: solusi untuk pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi Covid-19. In: Potret pendidikan dan guru di masa pandemi Covid-19. Edu publisher, Tasikmalaya, pp. 147-158. ISBN 9786237640981 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
Text
8399.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”(QS. Al-Insyirah: 5-6).
Covid-19 menjadi wabah yang menimpa seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia (Wakhudin, 2020: 1). Sejak Maret 2020, semua sendi kehidupan di Indonesia tidak berjalan seperti biasanya. Aktifitas lebih banyak dilakukan di dalam rumah. Kegiatan yang mengumpulkan banyak orang dibatasi, bahkan tidak diperkenankan. Protokol kesehatan menjadi perhatian yang diutamakan, seperti keharusan mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.
Bidang pendidikan adalah salah satu bidang yang juga merasakan dampak dari pandemi covid-19. Kemendikbud membuat kebijakan, bahwa kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau online. Model daring atau online ini dipilih sebagai bentuk dari penjagaan terhadap kesehatan agar mata rantai penyebaran covid-19 dapat teratasi (Ekasari, 2020:28).
Daring atau online memberikan pengaruh yang besar terhadap perubahan proses pembelajaran, termasuk pada pembelajaran Bahasa Arab. Belajar Bahasa Arab bukan hanya sekedar mengembangkan knowledge tetapi juga meningkatkan keterampilan kebahasaan yang dimiliki oleh peserta didik (Oktaviani, 2020:97). Menggunakan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Arab bukanlah sesuatu yang baru, tetapi pembelajaran yang dilakukan dengan full teknologi, menjadi sebuah tantangan dan peluang bagi para pengajar Bahasa Arab.
Dengan adanya pandemi covid-19 ini, para pengajar Bahasa Arab melakukan berbagai perubahan dan peningkatan profesionalisme, terutama penggunaan, pengembangan dan inovasi dalam pembelajaran Bahasa Arab berbasis teknologi dan online. Upaya ini dilakukan agar pembelajaran tetap diimplementasikan secara maksimal dan menuju tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Pendidikan dan pembelajaran tidak boleh berhenti, meskipun berada di situasi yang tidak seperti biasanya (Aji, 2020:396).
Potret keberadaan pembelajaran Bahasa Arab saat ini sedang membutuhkan inovasi, variasi dan kreatifitas yang harus terus ditempuh oleh pengajarnya agar pembelajaran tetap dapat diterima oleh peserta didik secara efektif, menyenangkan, mendatangkan motivasi dan membisakan. Hal ini disebabkan, pembelajaran yang dilakukan secara daring berbeda dengan luring (luar jaringan) (Malyana, 2020: 71). Pembelajaran yang secara daring, pengajar dan peserta didik tidak dapat bertemu secara langsung, sehingga pengajar membutuhkan adaptasi terhadap kondisi tersebut.
Oleh karena itu, agar pembelajaran Bahasa Arab dapat dipelajari secara maksimal dan tidak hanya menjadi beban bagi peserta didik di masa pandemi covid-19 ini, maka salah satu solusi yang ditawarkan adalah pada optimalisasi pemanfaatan media power point.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Additional Information: | book chapter |
Keywords: | power point bersuara; bahasa Arab; pandemi Covid-19 |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
Divisions: | Faculty of Psychology |
Depositing User: | Halimatus Sa`diyah |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 03:50 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |