Efektivitas pembelajaran etnomatematika “permainan engklek” terhadap pemahaman konsep geometri siswa sekolah dasar

Mulyasari, Dini Wahyu, Abdussakir, Abdussakir and Rosikhoh, Dewi (2021) Efektivitas pembelajaran etnomatematika “permainan engklek” terhadap pemahaman konsep geometri siswa sekolah dasar. Jurnal Tadris Matematika, 4 (1). pp. 1-14. ISSN 2621-3990, 2621-4008

[img] Text
8445.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (609kB)
Full text available at: http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/j...

Abstract

Pembelajaran geometri di Sekolah Dasar masih sering menemui kendala dalam hal penyampaian materi. Hal ini dikarenakan konsep geometri yang abstrak dan karakter peserta didik yang memasuki fase operasional konkret. “Permainan engklek” dapat menjadi upaya untuk mengatasi kendala tersebut. Hal ini ikarenakan dalam “permainan engklek” memuat konsep dasar geometri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran etnomatematika “permainan engklek” terhadap pemahaman konsep geometri pada siswa kelas III SDN 4 Sepanjang Glenmore. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-method dengan jenis penelitian eksperimen one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data melalui tes tulis, wawancara, dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Data kuantitatif dianalisis dengan analisis deskriptif serta menggunakan uji paired sample t-test. Data kualitatif dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran etnomatematika menggunakan “permainan engklek” pada kelas III SDN 4 Sepanjang Glenmore efektif meningkatkan pemahaman konsep geometri pada siswa. Hal ini didasarkan pada hasil ketuntasan klasikal sebesar 84.6% dan hasil uji paired sample t-test yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep geometri siswa. Efektivitas tersebut, juga didukung oleh hasil wawancara dengan guru yang menyatakan bahwa siswa antusias selama proses pembelajaran dan diperkuat oleh hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran yang berada pada kategori baik.

Item Type: Journal Article
Keywords: etnomatematika; permainan engklek; pemahaman konsep geometri; siswa Sekolah Dasar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Mathematics Education
Depositing User: Abdussakir Abdussakir
Date Deposited: 07 Jun 2021 02:23

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item