Capaian pembelajaran daring ditinjau dari model dan motivasi belajar

Salsabila, Vinka Daniyah and Mukti, Taufiq Satria and Putri, Farah Rahmatika and Hasanah, Siti Nur Jamilatul (2020) Capaian pembelajaran daring ditinjau dari model dan motivasi belajar. Presented at International Conference of Islamic Education 2020, 12 Nov 2020, Malang.

[img] Text
8476.pdf - Published Version

Download (278kB)

Abstract

Capaian pembelajaran daring yang dilaksanakan perlu dikaji. Kajian capaian pembelajaran meliputi model pembelajaran dan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran daring. Eksplorasi dilakukan terhadap peserta didik sekolah menengah pertama dengan total 71 responden. Model pembelajaran yang dimaksud adalah Pembelajaran Web sepenuhnya (tidak ada tatap muka atau video conference), hybrid atau campuran dengan penggunaan Web dan berbagai media penunjang (e-learning, Whatsapp, google meet, zoom, google classroom, dan email). Penelitian ex post facto dilakukan dengan mendokumentasikan model, motivasi peserta didik serta hasil belajar dengan kuisioner sebagai instrumen utama. Analisis data dilakukan secara deskriptif terhadap persentase model, motivasi serta hasil belajar. Hasil menunjukkan bahwa motivasi instrinsik paling berpengaruh terhadap capaian pembelajaran peserta didik.

Item Type: Conference (Paper)
Keywords: model pembelajaran; motivasi; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Taufiq Satria Mukti
Date Deposited: 11 Jun 2021 11:46

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item