Pembelajaran daring: norma realitas ataukah duplikasi?

Basori, Muchamad Adam ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4681-3803 (2021) Pembelajaran daring: norma realitas ataukah duplikasi? In: Adaptasi dan Transformasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. EDU PUBLISHER, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia, pp. 23-31. ISBN 978-623 7640-97-4 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
8541.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Baudrilard (1994, 1998) beranggapan bahwa makna budaya simbolis dan media menciptakan pencitraan. Seiring makna pembelajaran Bahasa Inggris di pendidikan tinggi yang menggunakan simbol-simbol bernuansa simulatif, teknologi internet yang memiliki ruang maya menyuguhkan fenomena preferensi baru yakni ‘ilmu jaringan’ interaksi pemelajaran dan pembelajaran selama musim pandemi Covid-19 berlangsung di awal tahun 2020. Konstruk budaya konsumerisme yang menampilkan hiperealitas selama interaksi daring antar dosen dan mahasiswa rawan praktik kontra pragmatis, manipulatif, dan imajiner. Praktik-praktik sosial dalam ruang kerja pendidikan tersebut secara penuh hati mengupayakan pola konform pemelajaran dan pembelajaran yang ideal. Namun, harapan realitas apa adanya mengalami diskrepansi dari disparitas praktik pemelajaran dan pembelajaran karena kelompok diskursif dengan duplikasinya yang relevan dengan budaya instan dan kredibel dengan status sosial kebersamaan.

Item Type: Book Section
Keywords: hiperealitas; ruang maya; produksi realitas teknologi; duplikasi
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200299 Cultural Studies not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters
Depositing User: Muchamad Adam Basori
Date Deposited: 24 Jun 2021 09:06

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item