Implementasi Kurikulum 2013 di sekolah lingkungan pondok pesantren (studi kasus Pondok Pesantren Darul Ulum Agung Malang)

Prasetyo, Oky Bagas (2019) Implementasi Kurikulum 2013 di sekolah lingkungan pondok pesantren (studi kasus Pondok Pesantren Darul Ulum Agung Malang). TARLIM Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4 (1). pp. 61-70. ISSN 2621-847X

[img]
Preview
Text
8548.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (385kB) | Preview
Full text available at: http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/TARLIM/a...

Abstract

SMA Pondok Pesantren Darul Ulum Agung, merupakan sekolah formal yang sudah mengaplikasikan kurikulum yang berlandaskan dari Kementrian Pendidikan Nasional yang populer disebut Kurikulum 2013, Kurikulum Pondok Pesantren, diketahui melalui fenomena bahwa penyelenggaraan integrasi kurikulum yang mengintegrasikan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Pondok Pesantren Darul Ulum Agung menjawab keinginan pemerintah sebab mengkolaborasikan ilmu dengan penanaman karakter siswa. Penelitian menggunakan penelitian lapangan (field research) yang memakai pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus.Pengumpulan data dilakukan melalui: a) Pengamatan terlibat (observasi participant. b)Wawancara mendalam (indepht interview). c) Dokumentasi. d). Analisis data. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: Perencanaan Kurikulum 2013 di SMA Darul Ulum Agung Malang: Sekolah mengembangkan perencanaan yang sinkron dengan Visi Misi Pesantren. Perencanaan pembelajaran di sekolah umum dikolaborasikan dengan perencanaan pembelajaran di pesantren, hal ini yang mereka sebut kurikulum integral. Selanjutnya pelaksanannya, memecah mata pelajaran PAI menjadi mulok agar siswa menjadi lebih paham mengenai cabang-cabang yang ada pada pelajaran PAI. Pada saat pembelajaran di kelas, pendidik memadukan antara sistem pembelajaran tradisional dan modern. Pada sesi evaluasi, hasil nilai dari masing-masing mulok dikumpulkan untuk selanjutnya dijadikan satu dan dirata-rata sehingga menjadi nilai PAI secara utuh. Selain itu, evaluasi tersebut dapat juga dijadikan acuan fase perencanaan dan implementasi Kurikulum 2013 pada tahun ajaran berikutnya.

Item Type: Journal Article
Keywords: Kurikulum 2013; sekolah; pondok pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Bagas Prasetyo Oky
Date Deposited: 18 Jun 2021 10:31

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item