Manajemen lembaga pendidikan Islam: Konsep dan model pengelolaan lembaga pendidikan Islam

Amrullah, Abdul Malik Karim (2021) Manajemen lembaga pendidikan Islam: Konsep dan model pengelolaan lembaga pendidikan Islam. UIN MALIKI PRESS, MALANG. ISBN 9786232327528 Editors : UNSPECIFIED

[img] Text
8765.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen Pendidikan Islam bisa diartikan sebagai proses menggerakkan orang lain untuk memperoleh hasil yang telah ditentukkan sebelumnya berdasarkan nilai-nilai Islam. Islam dalam hal ini berwujud sebagai nilai yang dijadikan sebagai landasan untuk menggerakkan orang lain. Nilai Islam hakikatnya bersifat universal dimana semua agama juga meng gunakan nilai tersebut seperti cinta (mahabbah/love), kedamaian (al-silm/peace), penghargaan (hurmah/respect), tanggungjawab (mas’ul/responsibility), kebahagiaan (ridho/happiness), kebebasan (freedom), toleransi (tolerance), kerjasama (musyarakah/ coorporation), kesederhanaan (al-basith/simplicity), persatuan (wahdah/unity), kejujuran (al-sidq/honesty), kerendahan hati (tawadhu’/huminity), kesungguhan (mujahadah).
Menurut Dr H Taufiq, M.AP Lembaga pendidikan Islam harus mampu mewadahi iman dan ilmu keislaman. Untuk itulah, model manajemen yang unggul diperlukan. Tanpa adanya model manajemen yang unggul, maka lembaga-lembaga pendidikan Islam seperti: Madrasah, perguruan tinggi Islam, padepokan sufi, pesentren, maupun masjid akan gagal dalam mewujudkan konsepsi pendidikan Islam yang indah seperti yang disebutkan oleh Saudara Abdul Malik Karim Amrullah ini.

Item Type: Book
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Abdul Malik Karim Amrullah
Date Deposited: 23 Jun 2021 21:07

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item