Program pembelajaran al Qur’an dalam rangka mencetak mahasiswa generasi qur’ani di tengah persaingan global (studi kasus di Ma’had Sunan Ampel al-‘Aly )

Al Faruq, Umar (2020) Program pembelajaran al Qur’an dalam rangka mencetak mahasiswa generasi qur’ani di tengah persaingan global (studi kasus di Ma’had Sunan Ampel al-‘Aly ). Al-Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan, 4 (2). pp. 308-341. ISSN 2549-9157

[img]
Preview
Text
8775.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sistem pembelajaran al Qur‘an di Ma‘had Sunan Ampel Al-‗Aly UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terbilang baik. Meskipun tidak seluruh alumninya memiliki kemampuan yang baik dalam membaca dan menulis al Qur‘an (BTQ). Hal ini terbukti dengan prestasi yang diraih oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai kampus dengan indeks baca tulis al Qur‘an terbaik di antara seluruh UIN yang ada di Indonesia. Tulisan ini akan mengkaji dan menganalisa bagaimana juhud MSAA dalam mencetak mahasiswa generasi Qur‘ani yang mampu membaca dan menulis al Qur‘an dengan baik dan benar. Penelitian ini adalah studi kasus di lapangan dengan sumber data dari mudir ma‘had, staf ma‘had dan para mu‘allim al Qur‘an serta mahasantri. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi lalu dianalisa secara mendalam. Hasil penelitian adalah bahwa pembelajaran al Qur‘an di MSAA berlangsung sistematis dan terstruktur, masif dan terkontrol dengan baik. MSAA memiliki program tashih sebagai upaya evaluasi bacaan al Qur‘an mahasantri yang sangat implementatif, efektif dan riil hasilnya. Hasilnya pada tahun 2019 mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menduduki indeks teratas dari segi kemampuan BTQ dibandingkan UIN di Indonesia. Selain itu semua stakeholder MSAA juga terlibat aktif dalam program kegiatan tersebut.

Item Type: Journal Article
Keywords: pembelajaran al Qur‘an; generasi qur‘ani; persaingan global
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: UMAR AL FARUQ
Date Deposited: 24 Jun 2021 05:09

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item