Pengembangan modul pembelajaran segitiga berbasis metakognisi dan integrasi

Rosikhoh, Dewi and Abdussakir, Abdussakir and Harini, Sri (2021) Pengembangan modul pembelajaran segitiga berbasis metakognisi dan integrasi. Jurnal Analisa, 7 (1). pp. 99-111. ISSN 2549-5143

[img]
Preview
Text
8896.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (707kB) | Preview
Full text available at: https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/art...

Abstract

Metakognisi memiliki peran penting terhadap keberhasilan dalam proses pemecahan masalah. Penguasaan peserta didik terhadap metakognisi untuk memecahkan masalah, perlu diimbangi dengan spiritual yang kuat. Selain itu, segitiga sebagai materi yang dipelajari di sekolah, masih memiliki masalah terkait pemecahan masalah. Dengan demikian, mengembangkan modul pembelajaran berbasis metakognisi dan integrasi dapat menjadi salah satu solusi. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui kevalidan modul pembelajaran segitiga berbasis metakognisi dan integrasi. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan memberikan angket validasi kepada 5 ahli dan 3 praktisi pendidikan. Data kuantitatif dianalisis menggunakan analisis statistik untuk menghitung persentase skor angket. Hasil komentar dan saran pada angket, digunakan sebagai acuan untuk melakukan revisi modul. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa modul pembelajaran segitiga berbasis metakognisi dan integrasi berada pada kualifikasi valid dengan persentase nilai akhir 85%.

Item Type: Journal Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Mathematics Education
Depositing User: Abdussakir Abdussakir
Date Deposited: 29 Jun 2021 10:38

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item