Kawakip, Akhmad Nurul and Prasetiyo, Agung (2021) Moderasi dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam. -, `1 (1). UIN Maliki Press, Malang. ISBN : 978-623-232-754-2 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
Text
9106.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
lhamdulilah Rabb al ‘Alamin segala puji bagi Allah ‘Azza wa Jalla, sang pendidik dan pengatur alam semesta. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Sang Pendidik dan Tauladan (al-qudwah) ummat manusia, Baginda Nabi Muhammad SAW, para sahabat dan ummat manusia yang mengikuti petunjuk dan ajaran Islam. Buku ini adalah sebagai upaya atau ihtiar dari penulis, untuk memberikan kontribusi dalam khazanah Ilmu
pendidikan dan lebih khusus Ilmu Pendidikan Islam.
Berawal dari keprihatinan penulis, melihat dan mendengar dari sebagian masyarakat menganggap mata pelajaran agama Islam di sekolah umum, hanya dianggap sebagai mata pelajaran supplement atau tambahan saja. Padahal pendidikan agama Islam adalah bekal mendasar diperlukan sepanjang masa, yang diharapkan tidak hanya memberikan wawasan ilmu keagaman, tetapi juga dapat memberikan kontribusi dalam membentuk watak dan karakter anak didik. Terlebih kalau kita melihat bahwa di era disrupsi ini berbagai informasi dapat diakses oleh siapa saja, termasuk berbagai paham dan aliran keyakinan. Karena itu fenomena kebebasan akses informasi ini, bisa menjadi positif dan sebaliknya juga bisa menjadi malapetaka bagi peserta didik. Dalam konteks ini, kita bisa menjumpai beberapa paham yang diindikasikan jauh dari nilai-nilai kasih sayang dalam menjalankan nilai-nilai agama (rahmat li al’alamin). Sebagai contoh masih ada sikap fundamentalisme yang mengarah pada sikap ekstrimisme dan ekslusifisme. Pemahaman yang sempit, tekstual, doktriner dan jauh dari pendekatan keilmuan diyakini menjadi salah satu penyebab ekstrimisme. Hal ini karena belajar agama tidak dari guru agama yang berlatar belakang mempunyai mata rantai keilmuan
(sanad keilmuan), tetapi belajar secara sporadis dengan melihat informasi dari berbagai media dan tidak jelas sanad keilmuan.
Buku ini menawarkan pengalaman bagaimana membentuk karakter siswa pada jenjang SMA, yang berwawasan Islam rahmat li al ‘alamin. Pendekatan keilmuan diyakini menjadi salah satu alternatif yang dapat membentuk karakter siswa. Pengenalan terhadap khazanah Ilmu Bahasa Arab, Tafsir dan Pendekatan terhadap pemikiran tokoh muslim intelektual diyakini menjadi salah satu alternatif dalam membentuk wawasan keilmuan agama anak didik. Tentu saja anak didik pada jenjang SMA tidak dibentuk untuk menjadi ahli Bahasa Arab, dan ahli Tafsir, tetapi setidaknya diharapkan dengan dikenalkan ilmu-ilmu ke-Islaman (Ilmu Bahasa Arab, Tafsir ) menjadikan anak didik tidak berpaham tekstual.
Tentu saja, masih dijumpai kekurangan dalam buku ini dan tidak ada tulisan yang sempurna, karena tulisan adalah sebuah proses bukan sebuah produk (writing is process not a product). Penulis berharap kontribusi dari pengamat pendidikan, pembaca dan siapa saja yang mempunyai kepedulian bisa menyempurnakan tulisan ini.
Penulis menghaturkan ucapan terima kasih kepada Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, yang juga dosen penulis sejak menempuh program strata 1 (S-1), Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag, dan Ketua PMU (Project Management Unit) Prof. H.A. Muhtadi Ridwan, M.Ag., yang telah memberikan dukungan dalam penulisan buku ini.
Ahirnya, dengan segala keterbatasan, semoga buku ini bermanfaat. selamat membaca !
Item Type: | Book |
---|---|
Keywords: | Moderasi, Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
Depositing User: | Agung Prasetiyo |
Date Deposited: | 15 Jul 2021 07:41 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |