Tathwir Maddah al Lughat al Arabiyyah lil Ulum al Sihhiyyah ala Asas al Madkhal al Siyaqy bi Madrasah Yarsi al Tsanawiyyah al Mihniyyah fi Mataram

Jamhuri, Wirawan, Hamid, M. Abdul and Sutaman, Sutaman (2017) Tathwir Maddah al Lughat al Arabiyyah lil Ulum al Sihhiyyah ala Asas al Madkhal al Siyaqy bi Madrasah Yarsi al Tsanawiyyah al Mihniyyah fi Mataram. Lisaniyat, 08 (1). pp. 65-90. ISSN 2086-5422

[img]
Preview
Text
9564.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan materi yang tepat untuk bahasa Arab dan menghasilkan bahan ajar bahasa Arab untuk siswa ilmu kesehatan SMK "YARSI" Mataram kelas X dan efektifitasnya untuk mengetahui kemampuan siswa kelas X SMK “YARSI” Mataram dalam pembelajaran bahasa Arab.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Peneliti menggunakan langkah-langkah pengembangan Sugiono, yaitu: analisis kebutuhan, pengumpulan data dan informasi, desain materi, uji ahli, revisi materi, uji lapangan 1, revisi materi, uji lapangan 2, dan revisi akhir produk. Subyek penelitian terdiri dari 26 siswa dan seorang pengajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan metode analisis isi, deskriptif, analitis, dan statistik.
Hasil penelitian ini adalah ketersediaan bahan yang dikembangkan untuk mata pelajaran bahasa Arab jurusan Ilmu Kesehatan dengan pendekatan kontekstual yang mengandung delapan pelajaran bagi siswa SMK YARSI Mataram kelas X. Setiap pelajaran mencakup standar kompetensi dan kompetensi dasar, petunjuk penggunaan buku, kosakata, percakapan, bacaan, gramatika, menulis, refleksi, portofolio, latihan yang variatif, dan daftar kosakata serta referensi. Efektivitas produk yang dikembangkan ini didapat dari hasil uji ahli. Berdasarkan hasil uji ahli bahasa dan isi, produk ini masuk kategori baik. Berdasarkan hasil uji ahli desain materi, produk ini baik sekali. Hasil analisis data dari angket yang diberikan kepada guru bahasa Arab, dihasilkan kategori baik sekali. Hasil angket dari para guru, dihasilkan kategori baik sekali. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan materi yang dikembangkan ini sangat membantu mereka dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pelajaran bahasa Arab. Hal ini didapat dari hasil uji t bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 16,16 > (lebih besar) 1,708.

Item Type: Journal Article
Keywords: materi ajar bahasa Arab; SMK YARSI; Jurusan Ilmu Kesehatan; pendekatan kontekstual
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: M. Abdul Hamid
Date Deposited: 17 Nov 2021 10:47

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item