Pengembangan multimedia interaktif berbasis virtual field trip untuk mahasiswa jurusan PGMI

Melinda, Vannisa Aviana (2021) Pengembangan multimedia interaktif berbasis virtual field trip untuk mahasiswa jurusan PGMI. 000286900.

[img]
Preview
Text
3. LAPORAN AKADEMIK_LITAPDIMAS_VANNISA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SERTIFIKAT HKI_LITAPDIMAS 2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Multimedia interaktif pada masa pembelajaran dalam jejaring sangat dibutuhkan oleh pendidik dan peserta didik. Multimedia interaktif perlu dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan hasil pembelajaran, namun pemilihan dan penggunaan media pembelajaran harus diperhatikan karakteristiknya, agar sesuai dengan target sasaran. Multimedia interaktif berbasis Virtual Field Trip merupakan sebuah media yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran yang dapat menarik motivasi belajar mahasiswa, yang mana karakteristik mahasiswa yaitu lebih cenderung senang terhadap objek atau benda nyata dan jelas dari sesuatu yang dipelajarinya. Dengan demikian, dalam penelitian kali ini akan mengembangkan Multimedia interaktif berbasis Virtual Field Trip untuk mahasiswa jurusan PGMI khususnya peminatan IPS pada mata kuliah Sejarah Nasional Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan multimedia interaktif berbasis Virtual Field Trip untuk mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, (2) mengetahui kevalidan dan keefektifan multimedia interaktif berbasis Virtual Field Trip. Penelitian ini merupakan Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan media pembelajaran oleh Lee dan Owens (2004), dikarenakan dalam model pengembangan ini memiliki alur lengkap seperti tahap analisis dan penilaian, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi.
Keseluruhan hasil validasi ahli media terhadap multimedia interaktif berbasis Virtual Field Trip yang dikembangkan yaitu 93% dengan kategori valid. Hasil validasi ahli matero terhadap multimedia interaktif berbasis Virtual Field Trip yang dikembangkan yaitu 92% dengan kategori valid. Uji coba kelompok besar 89% dan hasil belajar mahasiswa sebesar 87% yaitu 20 mahasiswa dari 23 mahasiswa mendapatkan nilai diatas KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa multimedia interkatif berbasis Virtual Field Trip efektif digunakan dalam proses pembelajaran .

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Multimedia Interaktif;Virtual Field Trip
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: VANNISA AVIANA MELINDA
Date Deposited: 15 Nov 2021 20:30

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item