النزعة اإلنسانية ومصدر االستلهامات في شعر أنيس شوشان وعيسى الناعوري

Zuhdy, Halimi (2016) النزعة اإلنسانية ومصدر االستلهامات في شعر أنيس شوشان وعيسى الناعوري. Research Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
halimi_rpimono_2016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penghargaan atas nama kemanusia semakin marak diberikan, bukan karena manusia semakin dihargai, tetapi manusia semakin menjauh dari arti kemanusiaan, manusia semakin butuh penghargaan untuk diakui menjadi manusia, tetapi semakin menjauh dan semakin banyak yang tidak memanusia manusia, bahkan keluarganya, tetangganya dan saudara senegara pun menjadi ancaman dan pembantaian. Dua penyair; Isa an-Na’uri dan Anis Susan, sungguh mengejutkan dunia dengan puisi-puisinya, atas nama kemanuisaan, ia rela menjadi cacian saudara senegaranya, dengan latar belakang yang berbeda, dan Negara yang mulai porakporanda, kedua menyuarakan isi hatinya, atas nama kemanusiaan yang mulai tercerabut. Keduanya mampu menuangkan wawasan, pandangan dan pengalaman batinnya dengan baik ke dalam puisinya sehingga sangat menarik bagi pembaca, juga mampu menyampaikan pesan moral dan kemanusiaan yang membuat pembaca menjadi berpikir, merenung, prihatin, menangis, dan gembira. Itu semua dikarenakan efek kesan batin yang ditimbulkan, apabila pembaca membaca puisi-puisinya. Dan yang menarik, keduanya memiliki latar belakang ras yang berbeda, sehingga peneliti mengangkat juga istilhamat, bagaimana mana puisi-puisi mereka bisa mampu melejit kepermukaan dunia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) bagaimana dimensi kemanusiaan dalam puisi (Akhi Insan dan Assalamualaikum) Isa An-Nanguri dan Anis Syusan. 2) Apa yang melatarbelakangi muculnya isnpirasi dua puisi Akhi Insan dan Assalamualaikum karangan Isa An-Nanguri dan Anis Syusan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memperoleh deskripsi nilai-nilai kemanusiaan dan latar belakang inspirasinya dalam puisi Akhi Insan dan Assalamualaikum karya Isa An-Nanguri dan Anis Syusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sosiologi sastra. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa puisi menggambarkan kehidupan sosial masyarakat dunia hari ini, terutama kehidupan dunia Arab di bawah perang saudara, peran atas nama ras dan suku, perang dengan mengatasnamakan agama, bagaimana persaudaraaan mulai retak karena tidak lagi mampu menyatukan hati, hati yang diberangus oleh kekuasaan, perbedaan pandangan. Politik yang juga menjadi sumber rendahnya nilai kemanusiaan, bahkan manusia yang tidak tunduk pada kekuasaan, selalu berada di bawah banyang-banyang penindasan.

Puisi ini mengunggap dimensi kemanusiaan dan nilai-nilai kemanusiaan serta bagaimana puisi itu tercipta. Dalam puisi Akhi Insan karya Isa An-Nanguri mengungkapkan sesame manusia dengan latarbelakang apapun maka harus selalu menjaga rasa kebersamaan dan saling menolong, kemunisaan melebihi apapun, tidak dapat ditukar dengan ras, suku, budaya, agama dan lainnya. Menuju persaudara yang utuh, adalah tujuan dijadikan manusia. Manusia memiliki perbedaan, namun tidak menjadi saling menghancurkan, tetapi saling melengkapi. Dan kemunculan puisi ini dilatarbelakangi oleh peperangan yang tidak pernah selesai terutama di Paletisna, tempat sang penyair lahir dan tumbuh. Sedangkan puisi Assalamualaikum, karya Anis Susan, juga mengajak untuk selalu menuju perdamaian, apapun latar belakangnya, siapapun ia, bagaimanapun ia berkuasa, dan dimanapun ia bertugas, maka harus selalu menyebar perdamaian. Puisi tersebut dilatarbelakangi 6 oleh perbedaan ras, ia sebagai kulit hitam, selalu dipinggirkan, dan juga pergolakan politik yang tidak pernah selesai di Tunis, sehingga munculkan puisi Assalamu Alaikum waalaika salam.

Item Type: Research (Research Report)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200405 Language in Culture and Society (Sociolinguistics) > 20040501 Language Varieties (incl. Code Mixing, Code Switching)
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Miftahus Sholehudin
Date Deposited: 10 Jan 2017 06:23

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item