Demografi dan kompetensi pengembangan instrumen penilaian hasil belajar berbasis Higher Order Thinking Skills guru Ilmu Pengetahuan Sosial

Wahidmurni, Wahidmurni ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0719-435X, Marandy, Yuniar Setyo and Hani'ah, Zuhrotul (2021) Demografi dan kompetensi pengembangan instrumen penilaian hasil belajar berbasis Higher Order Thinking Skills guru Ilmu Pengetahuan Sosial. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 8 (1). pp. 90-103. ISSN 2355-8245

[img]
Preview
Text
9992.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (371kB) | Preview
Full text available at: https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jpips/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestivigasi: (1) muatan higher order thinking skills (HOTS) dalam kata kerja kompetensi dasar (KD) dan instrumen penilaian hasil belajar yang dibuat guru, (2) aspek demografi dan kompetensi guru dalam mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar berbasis HOTS, dan (3) problematika guru dalam mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar berbasis HOTS. Pendekatan menggunakan mixed method dengan rancangan Convergence Model. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan teknik persentase, data kualitatif dianalisis dengan pola kondensasi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar kata kerja KD bermuatan HOTS, namun hanya sebagian kecil instrumen penilaian yang berbasis HOTS yang diujikan dalam penilaian hasil belajar, (2) aspek demografi guru menunjukkan bahwa sebagian besar guru bukan berasal dari program studi yang sesuai dan belum pernah mendapatkan pelatihan, meskipun sebagian besar guru adalah guru professional; namun tingkat pemahaman dan kemampuan guru untuk mengembangkan instrumen penilaian berbasis HOTS masih rendah, dan (3) problem utama yang dihadapi guru adalah ketidakmampuannya dalam mengembangkan kata kerja KD ke dalam kata kerja operasional IPK yang tepat. Hasil penelitian mengindikasikan perlunya program pendampingan dan pelatihan bagi guru agar kompetensi pengembangan intrumen penilaian hasil belajar berbasis HOTS dapat ditingkatkan

Item Type: Journal Article
Keywords: demografi guru; Higher Order Thinking Skills (HOTS); penilaian hasil belajar; kompetensi HOTS guru IPS, penilaian IPS berbasis HOTS.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Wahidmurni Wahidmurni
Date Deposited: 31 Dec 2021 12:58

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item