Pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS

Ahmad, Aqilla Fadya and Amin, Saiful ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5408-2898 (2022) Pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1 (2). pp. 109-125. ISSN 2828-4763

[img] Text
10946.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (558kB)
Full text available at: http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/dsjpips/arti...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas terhadap hasil belajar siswa; (2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa; dan (3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTsN 6 Blitar, Indonesia dengan total 66 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji homogenitas sedangkan untuk uji hipotesis yang digunakan adalah uji t, koefisien determinasi (adjust R2), uji F, dan persamaan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran tatap muka terbatas berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai 0.000; (2) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai 0.000; dan (3) pembelajaran tatap muka terbatas dan motivasi belajar mempunyai pengaruh secara bersama-sama atau simultan dengan nilai 0.000. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tatap muka dan motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas VII MTsN6 Blitar. Dengan adanya penelitian ini diharapkan semua pihak dapat memanfaatkan pembelajaran tatap muka terbatas dan semakin meningkatkan motivasi belajar untuk mengembangkan penelitian di masa depan.

Item Type: Journal Article
Keywords: pembelajaran tatap muka terbatas; motivasi belajar; hasil belajar IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Saiful Amin
Date Deposited: 10 Jun 2022 09:07

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item