Solekah, Nihayatu Aslamatis ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6722-8283, Jaya, Tiara Juliana ORCID: https://orcid.org/0000-0002-7598-7263, Wardana, Guntur Kusuma ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7901-1228, Budianto, Eka Wahyu Hestya ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4199-2865 and Meylianingrum, Kurniawati ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0814-7512 (2022) Diseminasi digitalisasi branding, pemasaran, dan penjualan produk komunitas UMKM Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Community Service Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)
|
Text
11454.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
E-Marketing menjadi salah satu trand media pemasaran yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat untuk medukung berbagai kegiatan yang dilakukan. Perlahan namun pasti masyakarakat mulai meninggalkan model pemasaran konvesional atau tradisional beralih ke pemasaran moderen yaitu digital marketing. Dengan E-Marketing komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu dan bisa menjangkau kepelosok dunia. Dengan jumlah pengguna social media baik berbasis chat maupun aplikasi semakin hari semakin bertambah dan dapat membuka peluang bagi UMKM dan usaha rumah tangga untuk melebarkan sayap pasarnya dengan menggunakan smartphone. Komunitas UMKM Gempol terdiri dari pengusaha-pengusaha yang memiliki produk yang berbeda-beda. Berdasarkan data yang diambil dari website Kabupaten Pasuruan bahwa wilayah Gempol memiliki mayoritas usaha rumah tangga dalam bidang olahan produksi makanan dan minuman. Permasalahan UMKM yang masih sering ditemui dalam menjalankan bisnisnya yaitu terkait permasalahan SDM, modal dan pemasaran. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pelatihan dan pendampingan secara langsung dengan pendekatan community development. Setelah diketahui akar permasalahan yang dihadapi, langkah selanjutnya yaitu merumuskan materi sesuai dengan kebutuhan subjek yang dituju. Kebutuhan yang diinginkan oleh subjek adalah instalisasi whatsapp business dan pembuatan website sebagai sarana branding, pemasaran, dan peningkatan penjualan produk dari komunitas UMKM Gempol.
Item Type: | Community Service |
---|---|
Keywords: | digital branding; digital marketing; penjualan digital |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Islamic Banking |
Depositing User: | Kurniawati Meylianingrum |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 14:33 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |