تطبيق "لالاران تصريفان" كوسيلة تعلم علم الصرف في معهد الإمام الدمنهوري

Husnah, Inayatul, Sasella, Mirel Imelda and Hidayatullah, Achmad Diny ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1370-6569 (2022) تطبيق "لالاران تصريفان" كوسيلة تعلم علم الصرف في معهد الإمام الدمنهوري. Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan & Bahasa Arab, 10 (1). pp. 58-70. ISSN 2721-8406

[img]
Preview
Text
11459.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (583kB) | Preview

Abstract

Lalaran merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mempermudah pembelajaran. Lalaran berarti teknik menghafal siswa untuk menghafal teks atau kalimat tertentu dari buku yang sedang dipelajari. tujuan penelitian yang diadakan adalah untuk memaparkan sebuah solusi dalam mengatasi masalah pada siswa terutama dalam mempelajari ilmu alat seperti nahwu dan shorof. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Untuk hasil penelitian ini bahwasanya pengaplikasian lalaran sangat membantu dalam proses pembelajaran dengan menghafal sehingga tidak mudah lupa dalam waktu yang lama. Dengan cara ini tidak perlu menghafal terus menerus, tetapi cukup dengan membaca rangkaian nadzom atau wazan yang dinyanyikan bersama setiap hari pada waktu lalaran.

Item Type: Journal Article
Keywords: lalaran tashrif; al-miftah; sarana pembelajaran; ilmu sharaf
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040902 'Ilmu al-Sharf (Arabic Morphology)
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Achmad Diny Hidayatullah
Date Deposited: 07 Sep 2022 08:47

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item