Pengaruh minat baca dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi siswa pada pelajaran IPS

Rizky, Calvin Achmad Noer and Amin, Saiful ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5408-2898 (2023) Pengaruh minat baca dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi siswa pada pelajaran IPS. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2 (1). pp. 56-67. ISSN 2828-4763

[img]
Preview
Text
12439.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (519kB) | Preview

Abstract

Minat baca siswa yang tinggi merupakan hal yang penting dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Tingginya minat baca siswa salah satunya ditentukan oleh pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar; 2) mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar; dan 3) mengetahui pengaruh minat baca dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan jenis korelasional. Populasi berjumlah 357 siswa, sampel berjumlah 189 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengambilan data dengan menyebarkan angket kepada siswa dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 357 siswa di kelas VIII MTs. Almaarif 01 Singosari, sedangkan sampel berjumlah 189 siswa yang diambil menggunakan teknik random sampling. Teknik pengambilan data dengan menyebarkan angket kepada siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel minat baca terhadap prestasi belajar, dengan nilai signifikan p = 0,797 > α = 0,05; 2) tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar, dengan nilai signifikan p = 0,833 > α = 0,05; dan 3) terdapat pengaruh secara signifikan positif antara minat baca dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar, dengan nilai signifikan p = 0,004 < α = 0,05.

Item Type: Journal Article
Keywords: minat baca; pemanfaatan perpustakaan; prestasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Saiful Amin
Date Deposited: 05 Jan 2023 09:05

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item