Asnawan, Asnawan, Bashith, Abdul ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4678-3891 and Ratnasari, Khurin In (2022) Dinamika pendidikan Islam dan liberalisasi pendidikan di Indonesia. ATTANWIR : Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 13 (2). pp. 185-196. ISSN 2599-3062
|
Text
12450.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (600kB) | Preview |
Abstract
Tulisan ini mengupas tentang dinamika pendidikan Islam dan liberalisasi pendidikan. Tulisan ini bermula dari regulasi pendidikan Islam yang terjerat dalam jaring pusaran liberalisme barat. Sebuah formula baru untuk mendefinisikan konsep pendidikan secara ideal disebut “liberalisasi”, dan menuntut guru untuk secara kritis dan berkelanjutan memahami pertumbuhan siswa mereka selama proses belajar mengajar.Pendidikan Islam dan liberalisasi pendidikan merupakan upaya untuk mengubah atau mereformasi sistem pendidikan agar lebih mutakhir dan dinamis sehingga pendidikan Islam dapat berfungsi secara dinamis. Liberalisasi pendidikan tidak berarti kebebasan, melainkan harus berpegang pada prinsip-prinsip pendidikan Islam dan diperbarui seperlunya untuk mengikuti kemajuan bidang pendidikan. Sementara, konsep utama dalam pendidikan Islam difokuskan pada pencapaian keberhasilan, kebahagiaan, dan kemaslahatan di akhirat dan dunia, sesuai dengan norma-norma Islam.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | pendidikan Islam; liberalisasi pendidikan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1399 Other Education |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education |
Depositing User: | Saiful Amin |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 10:57 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |