Dinamika pendidikan Islam dan liberalisasi pendidikan di Indonesia

Asnawan, Asnawan, Bashith, Abdul ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4678-3891 and Ratnasari, Khurin In (2022) Dinamika pendidikan Islam dan liberalisasi pendidikan di Indonesia. ATTANWIR : Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 13 (2). pp. 185-196. ISSN 2599-3062

[img]
Preview
Text
12450.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (600kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini mengupas tentang dinamika pendidikan Islam dan liberalisasi pendidikan. Tulisan ini bermula dari regulasi pendidikan Islam yang terjerat dalam jaring pusaran liberalisme barat. Sebuah formula baru untuk mendefinisikan konsep pendidikan secara ideal disebut “liberalisasi”, dan menuntut guru untuk secara kritis dan berkelanjutan memahami pertumbuhan siswa mereka selama proses belajar mengajar.Pendidikan Islam dan liberalisasi pendidikan merupakan upaya untuk mengubah atau mereformasi sistem pendidikan agar lebih mutakhir dan dinamis sehingga pendidikan Islam dapat berfungsi secara dinamis. Liberalisasi pendidikan tidak berarti kebebasan, melainkan harus berpegang pada prinsip-prinsip pendidikan Islam dan diperbarui seperlunya untuk mengikuti kemajuan bidang pendidikan. Sementara, konsep utama dalam pendidikan Islam difokuskan pada pencapaian keberhasilan, kebahagiaan, dan kemaslahatan di akhirat dan dunia, sesuai dengan norma-norma Islam.

Item Type: Journal Article
Keywords: pendidikan Islam; liberalisasi pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Saiful Amin
Date Deposited: 09 Jan 2023 10:57

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item