Metode guru ilmu pengetahuan sosial untuk meningkatkan motivasi belajar siswa

Rofiqoh, Firda Nur and Bashith, Abdul ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4678-3891 (2023) Metode guru ilmu pengetahuan sosial untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2 (1). pp. 1-12. ISSN 2828-4763

[img]
Preview
Text
12451.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (402kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran, motivasi belajar dibutuhkan pada diri siswa karena motivasi berperan penting dalam mensukseskan pembelajaran yang dilakukan, terdapat 2 faktor yaitu intrinsik yang berasal dari diri sendiri dan ekstrinsik dengan bantuan luar dirinya. Selain itu terdapat komponen belajar yang berpengaruh pada hasil belajar siswa yaitu metode pembelajaran yang dilakukan guru dalam menyampaikan materi pelajaran sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Terkhusus pelajaran IPS yang terkesan sebagai pelajaran yang membosankan, tugas guru harus memilih metode yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun fokus dalam penelitian ini yaitu: metode pembelajaran apa saja yang diterapkan guru IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan narasumber yaitu wali kelas VIII, guru IPS, pendamping kamar SMP, dan beberapa siswa kelas VIII, kemudian menganalisis data menggunakan miles dan huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS dipengaruhi oleh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik, metode pembelajaran guru IPS di kelas VIII bervariasi yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode inkuiri, dan metode penugasan. Kemudian hambatan Guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tergantung pada diri siswa tersebut yaitu kurangnya kesadaran belajar siswa dan pemahaman terhadap tujuan pembelajaran, serta faktor dari pergaulan teman sebaya.

Item Type: Journal Article
Keywords: metode guru; motivasi belajar; pembelajaran IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Saiful Amin
Date Deposited: 09 Jan 2023 09:47

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item