Model blended learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran di perguruan tinggi

Samsul Susilawati (2023) Model blended learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran di perguruan tinggi. 000435251.

[img]
Preview
Text
12466.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi merupakan urgensi yang mendesak untuk segera dilakukan perbaikan. Peningkatan mutu itu pada dasarnya dapat dilakukan dengan strategi merubah salah satu dari subsistem : manusia, struktur, teknologi, dan proses organisasi. Kaitannya dengan kajian strategi peningkatan lulusan bermutu di perguruan tinggi, perubahan itu dilakukan pada subsistem manusia dan teknologi, yang meliputi: (1) mahasiswa yang di didik; (2) dosen sebagai pendidik dan pengajar; dan (3) sarana dan prasarana. Pada abad 21 era digital sangat dibutuhkan sumber daya manusia dengan kualitas tinggi yang memiliki keahlian. Perguruan tinggi menjadi salah satu wadah yang mempunyai peran strategis dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Perguruan Tinggi dituntut mampu mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri bagi mahasiswa di bawah aturan pembelajaran yang ditentukan oleh pendidik (dosen) sebagai fasilitator dengan semua fasilitas yang tersedia saat ini. Inovasi pembelajaran dapat dilaksanakan dengan model pembelajaran blended learning. Peningkatan kualitas perguruan tinggi dapat dilakukan dengan mengaplikasikan Blended Learning dalam menyelenggarakan pendidikan.
Blended learning adalah cara untuk menciptakan lingkungan belajar yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan bagi mahasiswa, yang memberikan kebebasan dan fleksibelitas bagi mereka dalam mengakses materi pembelajaran dan memahami kembali materi tersebut dengan dukungan dari berbagai sumber belajar yang tersedia luas di jaringan internet. Berbagai model pembelajaran dengan pendekatan blended learning dihasilkan oleh para peneliti melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dan implementasinya dengan paradigma online didukung dengan aplikasi LMS (Learning Management System) secara efektif dan efisien agar dapat meningkatkan prestasi, minat dan hasil belajar serta keterampilan dan kemampuan mahasiswa dan dosen dalam menggunakan perangkat teknologi. Blended learning sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan bagi mahasiswa, yang memberikan kebebasan dan fleksibelitas bagi mereka dalam mengakses materi pembelajaran dan memahami kembali materi tersebut dengan dukungan dari berbagai sumber belajar yang tersedia luas di jaringan Internet, dibawah rambu pembelajaran yang digariskan oleh pendidik (dosen) sebagai fasilitator dan pengarah bagi mereka dalam mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: blended learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Samsul Susilawati
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:48

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item