Problem based learning untuk mengembangkan literasi numerasi peserta didik dan mewujudkan profil pelajar Pancasila

Marhayati, Marhayati ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7092-8080 (2022) Problem based learning untuk mengembangkan literasi numerasi peserta didik dan mewujudkan profil pelajar Pancasila. Presented at Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2022, 23 Mar 2022, Denpasar.

[img]
Preview
Text
13006.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmenggambarkan tentang penggunaan Problem Based Learning(PBL) untuk mengembangkan literasi numerasi peserta didik dan mewujudkan Profil PelajarPancasila (PPP). Metode penelitian yang dilakukan yaitulibrary research. Peneliti mengkaji buku, artikel, dan dokumen yang dipublikasikan yang terkait dengan profil pelajar Pancasila, literasi numerasi, dan ProblemBased Learning. Tahapan yang dilakukan yaitu pemilihan topik, eksplorasi informasi, penentuan fokus penelitian, pengumpulan sumber data, persiapan penyajian data, dan penyusunan laporan,Hasil penelitian ini yaitu PBL dalam konteks dunia nyata dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan literasi peserta didik sekaligus membentuk PPP. Kemampuan literasi numerasi dapat berkembang melalui PBL sebab peserta didik dilibatkan dalam pengumpulan data, penyajian data, dan interpretasi data. Melalui pembiasaan salam di awal pembelajaran dan budaya saling menghormati, karakter bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa, dan berakhlak mulia dapat dikembangkan.Penyelesaian masalah secara kelompok dapat mengembangkan karakter bergotong-royong. Diskusi dan pengumpulan informasi yang dilakukan peserta didik dapat mengembangkan karakter bernalar kritis dan kreatif.Pengerjaan tugas secara mandiri dapat mengembangkan karakter kemandirian, kritis, dan kreatif.

Item Type: Seminar and Workshop
Keywords: Problem Based Learning; literasi numerasi;profil pelajar pancasila
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Marhayati Marhayati Marhayati
Date Deposited: 04 Apr 2023 13:30

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item