Production dalam upaya meningkatkan pendapatan pada Desa Matopuro Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Sucipto, Agus, Lestari, Yona Octiani ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1825-0097, Mardiana, Mardiana and Vania, Amelindha ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5742-4304 (2022) Production dalam upaya meningkatkan pendapatan pada Desa Matopuro Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Community Service Report. UIN Maliki Malang, Malang. (Submitted)

[img]
Preview
Text
15231.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

UMKM yang terjadi di beberapa Kabupaten mengalami pertumbuhan, khususnya di Kabupaten Pasuruan. Perkembangan UMKM di Kabupaten Pasuruan pada Tahun 2022 telah meningkat sebanyak 26,08%. Namun, UMKM di Kabupaten Pasuruan masih sering menghadapi kendala utama dalam menjalankan bisnisnya yaitu terkait permasalahan pemasaran online (digital marketing) dan penyusunan laporan keuangan. Pandemi Covid-19 telah menghantam beberapa sektor di Indonesia termasuk di dalamnya sektor UMKM. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kebijakan ini membuat masyarakat cenderung lebih banyak berada di rumah. Pemahaman dari pemilik UMKM Syeilah Production terhadap teknologi, pemasaran online terbatas, proses produksi dan akses pasar online yang masih dinilai belum cukup maksimal. Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Tim Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim di Desa Matopuro Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan Jawa Timur ini adalah suatu bentuk sosialiasasi pada masyarakat terkait pengembangan usaha dan keberlangsungan usaha khususnya pembelajaran digital marketing dan pengelolaan keuangan. Tujuan dari pengabdian masayarakat ini adalah memberikan motivasi serta pemahaman kepada pemilik UMKM Syeilah Production yang ada di Desa Matopuro Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan Jawa Timur untuk menumbuhkan sikap optimisme ketika menjalankan bisnis.

Item Type: Community Service
Keywords: strategi digital marketing; Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM); pendapatan desa
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Amelindha Vania
Date Deposited: 13 Jul 2023 10:59

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item