Niat wirausaha mahasiswa di Indonesia

Siswanto, Siswanto ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0190-627X (2023) Niat wirausaha mahasiswa di Indonesia. Research Report. Mandiri, Malang. (Unpublished)

[img] Text
15954.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)

Abstract

Tujuan – Studi ini bertujuan untuk menginvestigasi beberapa determinant entrepreneurial intention mahasiswa di Indonesia berdasarkan kerangka theory of planned bahavior (TPB). Variabel tersebut meliputi entrepreneurial motivation, attitude, sujective norm, perceived behavior control. Penelitian ini lebih lanjut menguji konsistensi model entrepreneurial intention dengan PLS-SEM multi-group analysis (MGA) berdasarkan students contexts, yakni; gender, department, parential background and age.
Desain Penelitian - Penelitian ini menggunakan pendekatan positivism dimana TPB akan diuji. Sebuah self-reported quetionaire digunakan untuk mengumpulkan data secara random. Data yang layak sebanyak 362 dari mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia dianalisis lebih lanjut. Partial least square structural equation modelling (PLS-SEM) digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Untuk menguji konsistensi model digunakan multi-group analisis (MGA) berdasarkan konteks karakteristik group mahasiswa.
Hasil – Hasil penelitian ini menunjukkan tiga prediktor entrepreneurial intention, yakni attitude, subjective norm, and perceived behavior control berpengaruh terhadap keinginan untuk wirausaha. Walaupun, setelah dilakukan uji konsistensi model menunjukkan sesuatu yang perlu didiskusikan lebih lanjut. Ada perbedaan pengaruh attitude terhadap entpreneurial intention pada konteks group mahasiswa berdasarkan departmen bisnis dan non bisnis. variabel attitude tidak berpengaruh terhadap entrepreneurial intention pada kelompok group mahasiswa non bisnis. Selanjutnya, ada juga yang cukup mengherankan dimana entrepreneurial motivation tidak memiliki pengaruh terhadap entrepreneurial intention secara umum. Namun, pada konteks group mahasiswa berdasarkan gender menunjukkan adanya pengaruh entrepreneurial motivation terhadap entrepreneurial intention group mahasiswa pria. Sedangkan, pada group mahasiswa wanita hal tersebut tidak terjadi.
Implikasi – Hasil penelitian ini memiliki implikasi teoritis dan praktis terhadap sistem pendidikan dan pengambil kebijakan perguruan tinggi.
Orisinilitas - Penelitian ini memiliki kontribusi terhadap kajian hubungan entrepreneurial motivation dengan entrpreneurial intention. Disamping itu, paper ini memberikan tinjauan kritis terhadap TPB yang diformulasikan dalam model dimana hal itu menunjukkan konsistensi yang berbeda setelah di uji dengan MGA.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: niat wirausaha; motivasi wirausaha; TPB; mahasiswa
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150311 Organisational Behaviour
Divisions: Faculty of Economics > Department of Islamic Banking
Depositing User: Siswanto Siswanto
Date Deposited: 24 Oct 2023 15:50

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item