A conceptual model for academic performance in higher education: Curriculum design as a mechanism

Supriyanto, Achmad Sani ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1519-3258, Siswanto, Siswanto ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0190-627X, Suprayitno, Eko ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5289-3918 and Ekowati, Vivin Maharani ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6013-0630 (2022) A conceptual model for academic performance in higher education: Curriculum design as a mechanism. Research Report. FE UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
16488.pdf

Download (920kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini: menganalisis pengaruh kepemimpinan berkelanjutan terhadap kinerja akademik, menganalisis pengaruh modal relasional sebagai pemediasi pengaruh kepemimpinan berkelanjutan terhadap kinerja akademik, menganalisis pengaruh kepemimpinan berkelanjutan terhadap desain kurikulum, menganalisis pengaruh desain kurikulum terhadap kinerja akademik, mendeskripsikan pengembangan kurikulum di perguruan tinggi, mendeskripsikan pelaksanaan reformasi kurikulum serta mendiskripsikan peran kepemimpinan di perguruan tinggi guna pengembangan desain kurikulum. Populasinya adalah seluruh dosen di Fakultas Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis di PTKIN di Indonesia dan Islamic Science University of Malaysia (USIM) Malaysia, dan Universitas Malaya Malaysia. Berdasarkan populasi 783 orang dan ketelitian 5%, maka jumlah sampel keseluruhan adalah 265 dosen, namun hanya 225 yang dapat dianalisis . Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan Warp Partial Least Square (PLS). PLS merupakan metode analisis yang ampuh untuk diterapkan pada semua skala data, tidak memerlukan banyak asumsi, dan ukuran sampel tidak harus besar. Itu juga dapat digunakan untuk mengkonfirmasi teori atau untuk membangun hubungan atau pengujian proposisi (Ghozali, 2013). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemimpinan sustainable tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja akademik. Relational capital memediasi sustainable leadership terhadap academic performance. Sustainable leadership berpengaruh langsung variabel terhadap academic performance. Desain kurikulum berpengaruh langsung variabel terhadap academic performance. Penerapan kurikulum terhadap kinerja akademik. implementasi perencanaan kurikulum melalui proses yang komprehensif, kemudian dilanjutkan dengan penilaian, praktik belajar mengajar yang lebih terfokus, akan meningkatkan kinerja akademik

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: gaya kepemimpinan; kepemimpinan sustainable; relational capital; desain kurikulum; kinerja akademik; perguruan tinggi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Vivin Maharani Ekowati
Date Deposited: 16 Nov 2023 11:57

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item