Pengembangan modul membaca dan menulis kritis untuk penguatan kemahiran menulis teks akademik di perguruan tinggi (sertifikat hak cipta)

Ali Ridho dan Nurul Shofiah (2023) Pengembangan modul membaca dan menulis kritis untuk penguatan kemahiran menulis teks akademik di perguruan tinggi (sertifikat hak cipta). 000547928.

[img]
Preview
Text
16943.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkanspesifikasi modul dan kelayakan hasil modul membaca dan menulis kritis teks akademik. Jenis penelitian ini yakni adalah pengembangan modul membaca dan menulis kritis. Modul membaca mengunakan pendekatan desain model Intruksional Dick et.al. Peneliti menggunakan sepuluh Langkah Model Intruksional Dick et al., (2015). Jenis data pada penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapat dari hasil validasi para ahli (materi dan desain, uji coba,) berupa saran dan komentar. Data kuantitatif didapat melalui (a) angket tanggapan dari para ahli, dosen, dan mahasiswa; dan (b) hasil belajar posttest mahasiswa setelah menggunakan modul membaca dan menulis kritis. Instrument dalam penelitian ini yakni kuisioner, panduan wawancara dan tes. Pertama, kuisioner diberikan untuk validasi materi, desain, dan uji coba,. Teknik Analisis Data menggunakan Deskriptif Kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif dilakukan untuk mengolah data hasil validasi para ahli (materi, desain,) dan uji coba lapangan (dosen dan mahasiswa). Kedua, Data yang dianalisis pada pengembangan media ini adalah data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket penilaian yang diberikan kepada ahli media, ahli materi, dan praktisi. Modul membaca dan Menulis kritis untuk meningkatkan kemahiran menulis teks akademik ini sudah dapat dimanfaatkan dalam proses penyampaian materi apabila sudah mencapai tingkat kevalidan diatas ≤75%. Hasil penelitian Menujukkan Pertama, modul yang dikembangkan memiliki keunggulan dalam mengatasi kebutuhan mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi. Modul ini dirancang dengan cermat, memfokuskan pada pengembangan kemahiran menulis teks akademik melalui dua aspek utama: Membaca Kritis dan Menulis Kritis. Pendekatan modul yang berpusat pada siswa menjadi keunggulan, dihasilkan dari analisis kebutuhan mahasiswa melalui pembelajaran dan FGD. Pemilihan isi modul dilakukan dengan ketat sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, menjamin keterlibatan pribadi yang optimal dan motivasi mahasiswa. Struktur modul yang terdiri dari empat bab menunjukkan tahapan pengembangan keterampilan membaca dan menulis yang sistematis. Setiap bab memberikan konsep dan langkah-langkah kritis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Bab 1 memberikan landasan konseptual, Bab 2 membahas aspek kunci berpikir kritis, Bab 3 fokus pada pengembangan keterampilan membaca kritis, dan Bab 4 menerapkan pemahaman membaca dan menulis kritis ke dalam praktik. Kedua, Hasil uji kelayakan modul melibatkan tiga tahap, yaitu uji validasi dengan ahli media, ahli materi, dan praktisi dosen. Modul ini terbukti sangat layak dengan tingkat kelayakan rata-rata 81% oleh ahli materi dan 94,3% oleh praktisi dosen. Uji aspek media juga menghasilkan tingkat kelayakan yang tinggi, mencapai 80,5% oleh ahli media dan 89,7% oleh praktisi dosen. Uji coba penggunaan modul oleh mahasiswa menghasilkan penilaian sangat layak dengan total 1061,5 dan rerata 88,45.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: menulis kritis; membaca kritis; teks akademik
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
13 EDUCATION > 1399 Other Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Nurul Shofiah
Date Deposited: 21 Nov 2023 13:12

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item