Implementasi team-based project dalam pembelajaran menulis kreatif bahasa arab: refleksi dosen dan persepsi mahasiswa (sertifikat hak cipta)

Zakiyah Arifa dan Risna Rianti Sari (2023) Implementasi team-based project dalam pembelajaran menulis kreatif bahasa arab: refleksi dosen dan persepsi mahasiswa (sertifikat hak cipta). 000550041.

[img]
Preview
Text
17077.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peningkatan kemampuan menulis dan keterampilan berpikir kreatif, dilanjutkan dengan refleksi dosen dan mahasiswa selama proses pembelajaran menulis kreatif bahasa Arab menggunakan team-based project learning, serta persepsi mahasiswa Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian campuran kuantitatif-kualitatif. dengan desain penelitian embedded (penancapan) konkuren Desain ini menerapkan satu tahap pengumpulan data kuantitatif desain eksperimen dan kualitatif studi kasus dalam satu waktu. Hasil penelitian menunjukkan; 1. Ada perbedaan kemampuan menulis pada pembelajaran kitabah 2 antara kelas ekseperimen dengan kelas kontrol nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0.0000 < 0.05 menunjukkan hipotesis diterima. 2. Ada perbedaan efektifitas yang signifikan (nyata) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada mahsiswa nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0.000 < 0.05, menunjukkan hipotesis diterima. 3. Refleksi diri dosen tampak pada matangnya pengalaman dan kesadaran dalam pengajaran, kemampuan dosen tersebut dalam menilai diri, serta kepercayaan diri dosen yang ternyata keseluruhan komponen refleksi dosen tersebut berdampak positif terhadap mahasiswa. 4. Persepsi mahasiswa: aspek kebahasaan, hasil penilaian mengindikasikan baik dalam setiap prosesnya, aspek kolaboratif meningkatkan keterampilan dan bakat bagi masing-masing anggota kelompok, aspek kreativitas tidak hanya dirasakan secara individu saja, melainkan juga dirasakan oleh tim atau kelompok mereka secara bersama, aspek psikologi mampu meningkatkan motivasi.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: bahasa Arab; kreatifitas; menulis kreatif; project-based learning;team-based project
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Zakiyah Arifa
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:31

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item