Abdussakir, Abdussakir (2014) Proses berpikir mahasiswa dalam menyusun bukti matematis dengan strategi semantik. Journal of Science, Mathematics, and Vocational Education, 2 (3). pp. 132-140. ISSN 2338-9117
|
Text (Fulltext)
1714.pdf - Published Version Download (81kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses berpikir mahasiswa dalam menyusun bukti matematis dengan strategi semantik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskiptif-kualitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan kerangka kerja David Tall tentang tiga dunia berpikir matematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam kemungkinan jalur dalam strategi semantik ditinjau dari teori tiga dunia berpikir matematis. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga jalur berpikir mahasiswa dalam menyusun bukti matematis dengan strategi semantik, yaitu (1) bermula dari dunia berpikir formal berpindah ke dunia berpikir wujud-simbolik atau dunia berpikir simbolik dengan proses perpindahan dimungkinkan lebih dari satu kali dan berakhir di dalam atau di luar dunia berpikir formal, (2) bermula dari dunia berpikir wujud simbolik atau dunia berpikir simbolik (non RSP) lalu pindah ke dunia berpikir formal dengan proses perpindahan dimungkinkan lebih dari satu kali dan berakhir di dalam atau di luar dunia berpikir formal, dan (3) semua proses berpikir terjadi di luar dunia berpikir formal.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | proses berpikir; bukti matematis; strategi semantik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Mathematics |
Depositing User: | Abdussakir Abdussakir |
Date Deposited: | 31 Mar 2017 08:33 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |