Proses berpikir mahasiswa dalam menyusun bukti matematis dengan strategi semantik

Abdussakir, Abdussakir (2014) Proses berpikir mahasiswa dalam menyusun bukti matematis dengan strategi semantik. Journal of Science, Mathematics, and Vocational Education, 2 (3). pp. 132-140. ISSN 2338-9117

[img]
Preview
Text (Fulltext)
1714.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
Full text available at: http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses berpikir mahasiswa dalam menyusun bukti matematis dengan strategi semantik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskiptif-kualitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan kerangka kerja David Tall tentang tiga dunia berpikir matematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam kemungkinan jalur dalam strategi semantik ditinjau dari teori tiga dunia berpikir matematis. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga jalur berpikir mahasiswa dalam menyusun bukti matematis dengan strategi semantik, yaitu (1) bermula dari dunia berpikir formal berpindah ke dunia berpikir wujud-simbolik atau dunia berpikir simbolik dengan proses perpindahan dimungkinkan lebih dari satu kali dan berakhir di dalam atau di luar dunia berpikir formal, (2) bermula dari dunia berpikir wujud simbolik atau dunia berpikir simbolik (non RSP) lalu pindah ke dunia berpikir formal dengan proses perpindahan dimungkinkan lebih dari satu kali dan berakhir di dalam atau di luar dunia berpikir formal, dan (3) semua proses berpikir terjadi di luar dunia berpikir formal.

Item Type: Journal Article
Keywords: proses berpikir; bukti matematis; strategi semantik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Mathematics
Depositing User: Abdussakir Abdussakir
Date Deposited: 31 Mar 2017 01:33

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item