Kesalahan berbahasa Indonesia pada karangan mahasiswa UIN Maliki Malang pada semester ganjil 2022-2023: sebuah telaah

Mansurudin, Susilo (2023) Kesalahan berbahasa Indonesia pada karangan mahasiswa UIN Maliki Malang pada semester ganjil 2022-2023: sebuah telaah. Research Report. Universitas islam negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17163.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk kesalahan berbahasa dalam karangan mahasiswa UIN Malaki Malang serta menjelaskan dan mendeskripsikan penyebab adanya kesalahan berbahasa dan upaya yang dapat dilakukan dosen dan mahasiswa agar kesalahan berbahasa Indonesia dalam karangan dapat diminimalisasi. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan data penelitian berupa kesalahan berbahasa Indonesia dalam karangan UIN Maliki Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi metode, review informan, dan intrarater. Hasil penelitian ini adalah deskripsi tentang: (1) bentuk kesalahan berbahasa meliputi kesalahan penggunaan huruf kapital, kesalahan penggunaan tanda baca, kesalahan penggunaan partikel, kesalahan penulisan kata ulang, kesalahan akibat tipografi, dan kesalahan penulisan kata baku; (2) bentuk kesalahan berbahasa pada bidang morfologi meliputi kesalahan penulisan kata depan, kesalahan penulisan kata bentukan, dan kesalahan akibat pleonasme; (3) bentuk kesalahan berbahasa pada bidang sintaksis meliputi kesalahan struktur frasa-struktur kalimat; dan (4) faktor penyebab terjadinya kesalahan berbahasa bukan hanya berasal dari siswa melainkan juga karena faktor dosen.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: kesalahan berbahasa; teks karangan; bentuk kesalahan karangan mahasiswa UIN Maliki Malang
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics
Divisions: Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters
Depositing User: susilo mansurudin
Date Deposited: 29 Nov 2023 12:03

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item