Transisi berpikir dari sekolah menengah ke perguruan tinggi

Abdussakir, Abdussakir (2010) Transisi berpikir dari sekolah menengah ke perguruan tinggi. Presented at Seminar Nasional Lesson Study 3, 9 Oktober 2010, Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang.

[img]
Preview
Text (Full text)
1723.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

David Tall menyatakan bahwa terdapat tiga dunia berpikir matematika, yaitu dunia perwujudan, simbolis, dan formal. Pembelajaran matematika di sekolah menengah lebih menekankan pada dunia perwujudan dan simbolis, sedangkan di perguruan tinggi lebih menekankan pada dunia berpikir formal. Perubahan pola pembelajaran ini mengakibatkan terjadinya transisi berpikir pada mahasiswa matematika di tahun pertama perguruan tinggi. Untuk sampai pada dunia berpikir formal, terdapat tiga jalur yang dapat ditempuh mahasiswa, yaitu jalur alami, formal, dan prosedural. Tulisan ini mencoba membuka ruang untuk beberapa pertanyaan, misalnya mengapa mahasiswa memilih jalur tertentu, apakah mahasiswa selalu menempuh jalur yang sama untuk materi matematika yang berbeda, dan adakah kemungkinan jalur lain yang dapat ditempuh.

Item Type: Seminar and Workshop
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Mathematics
Depositing User: Abdussakir Abdussakir
Date Deposited: 31 Mar 2017 14:29

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item