Pengembangan media augmented reality pada materi geometri jenjang MTs/ SMP untuk meningkatkan hasil belajar pada implementasi kebijakan merdeka belajar

Aziz, Abdul, Huda, Nuril ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5867-3185 and Manggala, Ibrahim Sani Ali (2023) Pengembangan media augmented reality pada materi geometri jenjang MTs/ SMP untuk meningkatkan hasil belajar pada implementasi kebijakan merdeka belajar. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img] Text
17433.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Era society 5.0 proses pendidikan menekankan pada kemampuan manusia sebagai makhluk yang mempunyai akal (pikiran), pengetahuan, dan etika untuk menopang perkembangan teknologi modern, sehingga proses pendidikan yang dilakukan oleh pendidik harus berbasis pemecahan masalah untuk mengasah pikiran dan pengetahuan. perkembanga ilmu pengetahuan dan teknologi, media pembelajaran juga semakin berkembang pesat. Media pembelajaran yang dulunya kurang menarik kini banyak yang memanfaatkan teknologi dalam penyampaiannya tanpa mengurangi esensi dan materi yang disampaikan. Salah satu media pembelajaran yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan masih baru adalah Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media augmented reality yang valid dan menarik pada materi geometri jenjang MTs/SMP untuk meningkatkan hasil belajar pada implementasi kebijakan merdeka belajar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D), dimana penelitian ini menggunakan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Pengembangan MDLC tersusun dari enam tahap yang mencakup concept (pengonsepan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian) dan distribution (pendistribusian). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi, tes, dan angket. Data yang diperoleh dari lembar validasi terbagi menjadi data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Data dari angket berupa kuantitatif dianalisis untuk mengetahui kemenarika media pembelajaran yang dikembangkan dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil uji Validitas media dari aspek ICT, Bahasa, Desain, dan Materi menunjukkan persentase rata-rata sebesar 95.05%, dengan kategori “Sangat Layak”. Uji kemenarikan memperoleh persentase rata-rata sebesar 83.30%, juga dengan kategori “Tertarik, perlu direvisi”. Selain itu, hasil uji T dengan nilai Sig. 0,01 < 0,05 bahwa terdapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan media AR. Dengan demikian, melihat hasil penilaian mengindikasikan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak diimplementasi pada proses pembelajaran dikelas sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: media pembelajaran AR; Geometri; merdeka belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Nuril Huda
Date Deposited: 13 Dec 2023 14:04

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item