Penerapan model pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika di sekolah dasar

Ratnasari, Khurin In, Melinda, Vannisa Aviana ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5157-5611 and Nafiah, Jamilatun (2023) Penerapan model pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5 (2). pp. 113-127. ISSN 26571269

[img]
Preview
Text
17492.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (683kB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada dasarnya upaya untuk membimbing peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga mereka dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan harapan. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa sebagian guru cenderung fokus pada kelas secara keseluruhan, sehingga perrbedaan individu kurang diperhatikan. Sebagai individu, setiap orang pasti memiliki karakteristik yang berbeda, dan kemampuan peserta didik dalam menangkap pelajaran juga pasti berbeda. Itulah yang harus diprioritaskan oleh setiap Guru. Setiap murid dianggap memiliki kemampuan yang sama, sehingga yang kurang tidak akan diabaikan dan tidak mendapat kesempatan untuk menunjukkan potensi atau kelebihannya, bahkan mereka mungkin dianggap tidak cerdas.Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif.Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian riset lapangan (field research), di mana penelitian ini fokus pada pengumpulan data dan informasi yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini dihasilkan adalah faktor pendukung dari wali murid, jadi para wali murid di sini sangat berperan pada suatu proses pembelajaran, faktor penghambat penerapan model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran matematika di MI Baitul Mukmin adalah sinyal yang tidak memadai, kuota yang terpakai habis, dan perangkat siswa yang terbatas

Item Type: Journal Article
Keywords: model pembelajaran; flipped classroom; kemandirian belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: VANNISA AVIANA MELINDA
Date Deposited: 20 Dec 2023 08:53

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item