Pengembangan bahan ajar geografi kebencanaan terintegrasi sains-islam dan pengaruhnya terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan IPS

Amin, Saiful ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5408-2898 and Hidayat, Imam Wahyu (2022) Pengembangan bahan ajar geografi kebencanaan terintegrasi sains-islam dan pengaruhnya terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan IPS. Research Report. LP2M Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17629.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Geografi Kebencanaan termasuk mata kuliah yang disajikan dalam Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di PTKIN dan PTKIS, seperti yang terdapat di Universitas Islam Negeri Malang. Keberadaan mata kuliah Geografi Kebencanaan tergolong relatif baru di Prodi PIPS, UIN MALIKI Malang. Mata kuliah tersebut mulai disajikan dalam kurikulum 2020. Hal tersebut menjadi tugas tersendiri bagi para dosen dalam menyiapkan materi kebencanaan. Oleh karena itu, perlu dikembangkan buku ajar sebagai sarana penunjang bagi mahasiswa dan dosen. Kinerja rasional yang bisa dilakukan untuk mengakomodasi ketersediaan buku ajar di Prodi PIPS, UIN MALIKI Malang, salah satunya dengan mengembangkan buku geografi kebencanaan terintegrasi sains-Islam. Meskipun sudah banyak penelitian mengenai pengembangan buku ajar kebencanaan, akan tetapi penelitian yang mengembangkan buku ajar geografi kebencanaan terintegrasi sains-Islam belum pernah dilakukan, terutama di UIN MALIKI Malang.
Berdasarkan pemaparan argumentasi di atas didapatkan pemahaman bahwa kegiatan pengembangan buku buku ajar geografi kebencanaan yang terintegrasi antara sains dan Islam penting untuk segera dilakukan. Tindakan progresif untuk memenuhi kebutuhan buku ajar geografi kebencanaan diperlukan karena ketergantungan mahasiswa terhadap buku sangat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kalayakan hasil pengembangan buku ajar geografi kebencanaan
terintegrasi antara sains dan Islam dan 2) mengetahui pengaruh penggunaan buku ajar geografi kebencanaan terintegrasi sains-Islam terhadap hasil belajar mahasiswa.
Pengembangan Dick dan Carey dengan tahapan: (1) analisis buku, (2) identifikasi silabus, (3) analisis materi, (4) penyusunan buku, (5) validasi ahli, (6) revisi produk, (7) uji coba lapangan, dan (8) revisi akhir produk buku. Instrumen yang digunakan, yaitu 1) angket validasi ahli (materi, desain, dan integrasi sains-Islam) dan uji coba kepada mahasiswa dan dosen untuk mengetahui kelayakan prosuk dan 2) soal postes untuk mengetahui data hasil belajar mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kelayakan produk dan
uji t untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar mahasiswa.
Berdasarkan hasil rekapitulasi dapat disimpulkan bahwa buku Geografi Kebencanaan terintegrasi Sains-Islam telah memenuhi standar layak (nilai 81,08%). Hal ini terbukti dengan hasil
validasi ahli, uji coba mahasiswa dan dosen menunjukkan bahwa bahan buku berada pada kualifikasi efektif. Selanjutnya, berdasarkan kedua uji prasyarat, bahwa data hasil belajar bersifat tidak normal dan bervarian homogen, maka pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Mann Withney. Hasil uji Mann Withney data hasil belajar diperoleh nilai signifikansi p (0,000) < α (0,05). Berdasarkan dengan data yang dihasilkan, maka diambil keputusan bahwa H01 ditolak dan Ha1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku Geografi Kebencanaan Terintegrasi Sains-Islam berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Bahan Ajar; Geografi Kebencanaan; Integrasi Sains-Islam; Hasil Belajar; IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Saiful Amin
Date Deposited: 28 Dec 2023 11:22

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item