Abdul Bashith, Saiful Amin (2023) Pengembangan laboratorium lapangan berbasis mobile learning dan pengaruhnya terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (sertifikat hak cipta). 000538660.
Text
17631.pdf Download (2MB) |
Abstract
Laboratorium lapangan penting dimiliki oleh perguruan tinggi sebagai tempat terselenggaranya proses pembelajaran yang memadukan antara teori dan praktik, tidak terkecuali Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pembelajaran di era digital ini, perlu dikembangkan laboratorium lapangan secara virtual, salah satunya berbasis mobile learning. Mobile learning merupakan salah satu media pembelajaran digital yang membantu dalam pengalaman belajar mahasiswa melalui fitur-fitur yang tersedia, seperti audio, video, animasi, gambar, dan teks. Fungsi dari menu di dalam media mobile learning sangat membantu dalam pembelajaran baik secara daring maupun luring, sehingga pelaksanaan embelajaran menjadi mudah dan lancar.Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kalayakan hasil pengembangan laboratorium lapangan berbasis mobile learning di Prodi Pendidikan IPS, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.2) Mengetahui pengaruh penggunaan laboratorium lapangan berbasis mobile learning terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan IPS, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall digunakan dalam penelitian ini untuk mengembangkan produk. Selanjutnya, bentuk rancangan eksperimen semu dengan desain the pretest-posttest control group digunakan untuk mengetahui pengaruh mobile learning terhadap hasil belajar. Kelayakan media laboratorium virtual berbasis mobile learning diketahui melalui validasi ahli materi pembelajaran IPS, ahli media mobile learning, sertauji coba terbatas kepada dosen dan mahasiswa Pendidikan IPS, UIN Maulana Malik IbrahimMalang tahun ajaran 2023/2024 yang sedang mengambil matakuliah Pengembangan Materi dan Metodologi Pembelajaran IPS. Instrumen penilaian hasil belajar mahasiswa menggunakan tes tulisbentuk esai berjumlah 5 soal. Analisis data yang diperoleh dalam bentuk skor kriteria menggunakan skala likert 1 (tidak baik) – 5 (sangat baik) digunakan untuk mengetahui kelayakan produk. Selanjutnya, uji pengaruh mobile learning terhadap hasil belajar menggunakan normalitas, homogenitas, dan independent sample t-test berbantuan program SPSS 22.0 for Windows dengan taraf signifikansi 0,05.Hasil penelitian ini, yaitu 1) produk pengembangan berupa media laboratorium lapangan virtual berbasis mobile learning layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPS khususnya topik Aktivitas Sosial, Budaya, dan Ekonomi Masyarakat dengan nilai kelayakan 88.27% (kategori sangat efektif). 2) Media laboratorium lapangan virtual berbasis mobile learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPS mahasiswa Prodi Pendidikan IPS khususnya topik Aktivitas Sosial, Budaya, dan Ekonomi Masyarakat dengan nilai sig. (2-tailed) 0.011 < signifikansi 5%. Saran untuk penelitian selanjutnya, yaitu melakukan pengembangan media yang dipadukan dengan pengembangan model pembelajaran tertentu. Selain itu, perlu dikembangkan bentuk observasi 360° sehingga menghadirkan pengalaman real world meski dalam bentuk virtual lapangan.
Item Type: | Hak Cipta |
---|---|
Keywords: | Laboratorium Lapangan, Mobile Learning, Hasil Belajar, IPS |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1399 Other Education |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education |
Depositing User: | Saiful Amin |
Date Deposited: | 28 Dec 2023 11:48 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |