PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL-INTERAKTIF ANALISIS REAL UNTUK MEMFASILITASI MODERASI BERAGAMA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA DI PTKIN SE INDONESIA

Abdussakir, Abdussakir, Mukmin, Muhammad Islahul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8240-4468 and Masamah, Ulfa ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8412-7153 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL-INTERAKTIF ANALISIS REAL UNTUK MEMFASILITASI MODERASI BERAGAMA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA DI PTKIN SE INDONESIA. Research Report. -. (Unpublished)

[img] Text
2023_Laporan Akademik Litapdimas 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman dan sikap moderasi beragama merupakan sikap mental yang diamanatkan oleh Kementerian Agama selaku lembaga negara pengelola PTKIN,salah satunya melalui Prodi Tadris MAtematika FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) proses pengembangan Bahan Ajar Digital-Interaktif Analisis Real untuk memfasilitasi moderasi beragama pada Program Studi Pendidikan Matematika di PTKIN se Indonesia; 2) tingkat validitas dan kepraktisan Bahan Ajar Digital-Interaktif Analisis Real untuk Program Studi Pendidikan Matematika di PTKIN se Indonesia; 3) keefektifan bahan ajar digital interaktif Analisis Real terhadap moderasi beragama pada Program Studi Pendidikan Matematika di PTKIN se Indonesia. Jenis penelitian ini Research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE+4D. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat validitas sebesar 84,08% (sangat valid), tingkat kepraktisan sebesar 83,33% (sangat praktis). sedangkan untuk keefektifannya, diperolehHasil presentase angket respon mahasiswa juga 83,33%, serta terdapat peningkatan hasil pre-test (moderasi) dan pos-test (moderasi) sebesar 50%. Artinya media efektif untuk digunakan. Dengan demikian, produk sudah layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran analisis riil yang memfasilitasi pengembangan sikap moderasi mahasiswa khususnya di PTKIN Indonesia.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Bahan ajar digital-interaktif; Analisis Riil; Moderasi Beragama;PTKIN
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Ulfa Masamah
Date Deposited: 29 Dec 2023 10:03

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item