Pengembangan Platform Digital Linktree Berbantuan Wordwall pada Pembelajaran Matematika Berbasis Al-Qur’an/Hadits untuk Memfasilitasi Penguatan Literasi Digital dan Literasi Agama Siswa MTsN 1 Kota Malang

Nursirot, M. Arul Sholehuddin, Zain, Nurmalia Khoirunisa, Maulidani, Muhammad and Masamah, Ulfa ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8412-7153 (2023) Pengembangan Platform Digital Linktree Berbantuan Wordwall pada Pembelajaran Matematika Berbasis Al-Qur’an/Hadits untuk Memfasilitasi Penguatan Literasi Digital dan Literasi Agama Siswa MTsN 1 Kota Malang. Research Report. -. (Unpublished)

[img] Text
071220223_Bismillah LAPORAN PENELITIAN REKOGNISI 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui proses pengembangan Platform Digital Linktree berbantuan Wordwall pada pembelajaran matematika berbasis Al-Quran/hadist untuk Memfasilitasi penguatan Literasi digital dan literasi agama Siswa MTsN 1 Kota Malang; 2) Untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keefektifan Platform Digital Linktree berbantuan Wordwall pada pembelajaran matematika berbasis Al-Quran/hadist dalam Memfasilitasi penguatan Literasi digital dan literasi agama Siswa MTsN 1 Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan desain pengembangan 4 D, yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate. Subyek penilaian produk untuk kelayakan pada platform digital linktree terintegrasi Islam terbatas pada 4 ahli, yaitu ahli desain pembelajaran dan bahasa, ahli media dan desain grafis, ahli materi dan integrasi, serta ahli praktisi pembelajaran matematika sekolah. Adapun subyek terkait ujicoba produk adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Sabilurrosyad Malang. Hasil dari penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa platform digital linktree terintegrasi Islam memenuhi kriteria valid. Hasil uji-t dari pretest dan post-test diperoleh nilai sign. 0.000 untuk literasi digital dan nilai Sig. 0,04 untuk literasi agama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan platform digital linktree terintegrasi Islam terhadap literasi digital dan literasi agama siswa.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Platform Digital Linktree, Integrasi Islam, Literasi Digital, Literasi Agama
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Ulfa Masamah
Date Deposited: 29 Dec 2023 09:57

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item