Munawaroh, Diah Ambarumi ORCID: https://orcid.org/0000-0003-3322-517X (2022) Model pembelajaran peneliti pemula pada madrasah riset di Jawa Timur: Studi multisitus pada MTsN 1 Kota Malang, MTsN Kota Batu dan MTsN 2 Kota Kediri. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Text
19063.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian bertujuan mengungkap menganalisis dan mendeskripsikan kegiatan pembelajaran peneliti pemula untuk menemukan formula grand model pembelajaran riset pada tiga madrasah riset di Jawa Timur. Pemilihan ketiga situs karena terdapat keunikan-keunikan 1)Kedekatan guru dengan pebelajar sangat khas sebagai tahap awal mengenal penelitian. 2)Pelaksanaan pembelajaran dilakukan guru dari pengalaman (experience) dan belum memiliki buku panduan yang terstruktur bagi siswa sekolah menengah. 3)Memiliki pola pengembangan pembelajaran yang berbeda pada masing-masing madrasah akan tetapi memiliki kesamaan menghasilkan pebelajar berprestasi dibidang penelitian. 4)Belum ada dokumen resmi tentang pola model pembelajaran penelitian pada ketiga situs. 5) Pengajar peneliti pemula selama ini menggunakan pola pembelajaran yang mampu membangun kontruksi cara berfikir ilmiah dan langkah penelitian ilmiah. Penelitian ini menggunakan studi multi-situs (multy-site studies) bertujuan mempelajari secara intensif interaksi lingkungan posisi serta keadaan lapangan secara natural. Sumber data menggunakan teknik snow ball sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam observasi partisipan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis situs tunggal dan analisis multisitus. Pengecekan keabsahan data meliputi credibility dependability confirmability dengan meminta beberapa ahli mereview atau mengkritisi hasil penelitian selanjutnya melakukan reduksi data dan penyajian data. Proses pengambilan data dilakukan mulai tanggal 21 Oktober 2019 - Agustus 2021. Temuan penelitian ini model pembelajaran riset terbentuk adanya integrasi kondisi metode dan hasil pembelajaran. a) Kondisi pembelajaran riset dipengaruhi oleh sinergi guru siswa dan daya dukung warga madrasah. Karakteristik guru karakteristik pebelajar dan kekhasan pembelajaran yang terintegrasi mempengaruhi kondisi pembelajaran yang ideal. Pengaruh tersebut membentuk pola berfikir ilmiah dengan menghasilkan karya siswa sesuai usianya. Karakteristik guru dengan meluangkan waktu bimbingan totalitas menyukai tantangan memotivasi dan menyenangkan. Karakteristik siswa riset tantara lain keingintahuan tinggi komunikatif mandiri kritis kreatif inovatif. Karakteristik mata pelajaran adalah sistematis dan didominasi praktek. b) Metode pembelajaran riset meliputi Strategi pengorganisasian melalui pengamatan lingkungan fenomena up to date motivasi peer teaching dan 4C (berfikir kritis kreatif kolaboratif komunikatif). Strategi penyampaian meliputi tahapan motivasi etika penelitian logbook eksplorasi ide literatur riview rancangan penelitian pengumpulan data analisis dan kesimpulan serta evaluasi dan presentasi. Strategi pengelolaan dengan mengintegrasikan penjadwalan kompetisi pameran karya pemberian penghargaan pembuatan UKBM dan buku panduan riset bekerjasama dengan perguruan tinggi serta ujian riset untuk memotivasi siswa. c) Hasil pembelajaran riset yaitu terdapat kesesuaian antara ide penelitian - rumusan masalah - literatur - rancangan penelitian - pengambilan data - analisis dan kesimpulan. Keberhasilan riset tidak dapat diukur dengan angka tetapi dengan melihat siswa mampu menyelesaikan proyek penelitian dengan baik bermanfaat secara berkesinambungan. Rumusan pernyataan substantif pada penelitian ini Budaya meneliti terbentuk melalui pemberian contoh melakukan pembiasaan dengan pengawasan dan memunculkan kemandirian peneliti pemula yang mampu berfikir kritis kreatif kolaboratif inovatif komunikatif peduli lingkungan dengan menghasilkan temuan sederhana dan berkesinambungan. Implikasi hasil riset ini menguraikan temuan 1) Implikasi teoritik model pembelajaran peneliti pemula menyumbangkan kebaharuan pembelajaran penelitian bagi siswa calon peneliti usia 13-15 tahun di Indonesia. 2) Implikasi Praktis memberikan panduan pada satuan kerja untuk mengembangkan pengajaran riset di sekolah menengah/madrasah. Khususnya bagi madrasah-madrasah yang mengembangkan riset di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; peneliti pemula; Pebelajar Madrasah Tsanawiyah (MTs) |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan |
Depositing User: | Diah Ambarumi Munawaroh |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 08:30 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |