Islam dan pembentukan karakter moderasi beragama di sekolah multikultural: Sebuah proses pengalaman dan pemaknaan di tengaj kebhinekaan agama

Al Faruq, Umar ORCID: https://orcid.org/0009-0006-6429-9269, Arifin, Syamsul, Haris, Abdul and Hady, M. Samsul (2022) Islam dan pembentukan karakter moderasi beragama di sekolah multikultural: Sebuah proses pengalaman dan pemaknaan di tengaj kebhinekaan agama. Pustaka Peradaban, Malang. ISBN 978-623-99362-6-6 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

This is the latest version of this item.

[img] Text
19673.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

SMA Selamat Pagi Indonesia Batu sebagai salah satu lembaga pendidikan dinilai telah berhasil dalam membentuk karakter peserta didik tentang moderasi beragama. Eksistensinya sebagai sekolah multikultural benar-benar telah menjadi laboratorium kebhinekaan beragama sekaligus menjadi model percontohan yang distingtif. Berdasarkan data yang penulis himpun, terdapat 40% peserta didik beragama Islam, 20% Protestan, 20% Katolik, 15% Budha, dan 5% Hindu. Kebhinekaan agama tersebut mampu disulam dan dirajut secara toleran oleh SMA SPI Batu melalui pembentukan karakter peserta didiknya. Di titik inilah, karya sederhana yang merupakan pengembangan dari disertasi penulis ini mencoba menyuguhkan analisis yang mendalam tentang proses, pengalaman, dan pemaknaan seorang Muslim melalui mata pelajaran PAI dalam merajut kebhinekaan agama secara moderat dan damai.

Item Type: Book
Keywords: pembentukan karakter; moderasi beragama; sekolah multikultural
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: UMAR AL FARUQ
Date Deposited: 19 Jun 2024 15:25

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item