PENDAMPINGAN MEMBACA AL-QURAN TERHADAP SISWIKELAS VII SMP ISLAM PAITON DI SUMBERANYAR PAITON PROBOLINGGO

Mamluatul Hasanah, Mamluatul Hasanah, Luthviyah, Romziana, Nur, Azizah and Nabila, Habsyi (2023) PENDAMPINGAN MEMBACA AL-QURAN TERHADAP SISWIKELAS VII SMP ISLAM PAITON DI SUMBERANYAR PAITON PROBOLINGGO. Salwatuna. ISSN 2797-2429

[img] Text
156-Article Text-732-1-10-20231218.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendampingan pembelajaran membaca Al-Quran sangatlah penting karena banyak siswi-siswi di SMP Islam Paiton yang memiliki kemampuan membaca Al-Quran yang sangat kurang, utamanya dalam memahami ilmu tajwid dan pelafalan huruf hijaiyah yang benar. Adapun Tujuan pendampingan pembelajaran membaca Al-Quran ini yaitu untuk memberikan pemahaman tentang ilmu tajwid dan pelafalan huruf hijaiyah yang baik dan benar (makhorijul huruf) kepada siswi-siswi di SMP Islam Paiton, khususnya kelas VII. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan tutorial yaitu penyampaian materi-materi terkait masalah ilmu tajwid dan makhorijul huruf yang dilanjutkan dengan praktek membaca Al-Quran secara secara langsung oleh para siswi. Adapun metode pembelajaran Al-Quran yang dipakai yaitu metode Tartila. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa dengan adanya pendampingan membaca Al-Quran oleh mahasiswipengabdian, menjadikan siswi-siswi di SMP Islam Paiton, memahamitentang ilmu tajwid dan makhorijul huruf dan dapat menjadikan siswisiswi fashih dalam membaca Al-Quran.

Item Type: Journal Article
Keywords: Al Qur’an; Makhorijul huruf; Pendampingan; Tajwid
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics
Divisions: Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Arabic Language Education
Depositing User: Unnamed user with email hasanah@pba.uin-malang.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2024 13:44

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item